Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPA siswa kelas III SDN Bakalan II Kec. Purwosari Kabupaten Pasuruan / Wido Sumarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPA siswa kelas III SDN Bakalan II Kec. Purwosari Kabupaten Pasuruan / Wido Sumarno

Sumarno, Wido (2009) Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPA siswa kelas III SDN Bakalan II Kec. Purwosari Kabupaten Pasuruan / Wido Sumarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Bakalan II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul antara lain (1) nilai rata-rata siswa berdasarkan dari ulangan harian dan formatif hanya mencapai 60%. Nilai rata-rata tersebut masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70% (2) guru cenderung masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran (3) siswa kurang diberikan kesempatan untuk mengalami dan memperoleh sendiri pengetahuan yang didapat sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bakalan II SDN Bakalan II kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan yang terdiri dari 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa adalah adanya kenaikan rata-rata skor nilai pretes yang hanya mencapai 58% sedangkan nilai rata-rata postes sudah meningkat menjadi 81%. Selain itu dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai formatif pada pada siklus I mencapai 72% meningkat menjadi 82 5% pada siklus II serta semakin berkurangnya dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Untuk dampak terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari semakin meningkatnya berbagai komponen aktifitas siswa belajar siswa mulai dari komponen keaktifan kerjasama mengeluarkan pendapat dan bertanya menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas hendaknya guru senantiasa dapat menerapkan metode eksperimen yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Bakalan II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102610

Actions (login required)

View Item View Item