Pendayagunaan perpustakaan melalui pembelajaran bahasa Indonesia dalam menumbuhkan literasi siswa SMKN 1 Blitar / Fadhila Kusumaningrum

Kusumaningrum, Fadhila (2018) Pendayagunaan perpustakaan melalui pembelajaran bahasa Indonesia dalam menumbuhkan literasi siswa SMKN 1 Blitar / Fadhila Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Kusumaningrum, Fadhila. 2018. Pendayagunaan Perpustakaan Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Menumbuhkan Literasi Siswa SMKN 1 Blitar. Skripsi, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd, (II) Sokhibul Ansor S.Sos, M.Hum, Kata Kunci: pendayagunaan perpustakaan, pembelajaran Bahasa Indonesia, literasi siswa Perpustakaan sekolah adalah salah satu sarana yang dapat menunjang kegiatan pendidikan. Keberadaan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber informasi yang dapat membatu kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Pendayagunaan perpustakaan sekolah melalui pembelajaran diartikan sebagai suatu tindakan dalam mengambil manfaat dari layanan dan informasi yang disediakan perpustakaan. Pendayagunaan perpustakaan sekolah memiliki peranan penting dalam kegiatan literasi di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) gambaran pendayagunaan perpustakaan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) gambaran literasi siswa kelas X di SMKN 1 Blitar, (3) hubungan antara pendayagunaan perpustakaan dengan literasi siswa SMKN 1 Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel untuk angket menggunakan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 90 siswa. Data dalam penelitian ini berupa angket dan dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Pengumpulan data melalui angket dilakukan dengan cara membagikan angket secara acak kepada siswa kelas X dengan tujuan untuk mengetahui pendayagunaan perpustakaan dan literasi siswa di SMKN 1 Blitar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif korelasional. Hasil penelitian ini ada tiga yakni, (1) pendayagunaan perpustakaan sekolah melalui pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kategori sedang dengan jumlah persentase 71,1,%, (2) literasi siswa SMKN 1 Blitar dalam ketegori sedang dengan persentase 64,4%, (3) hasil analisis korelasi menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pendayagunaan perpustakaan sekolah melalui pembelajaran Bahasa Indonesia dengan literasi siswa, dengan nilai korelasi sebesar 0,278 yang berarti memiliki korelasi rendah dengan tingkat sinifikansi 0,008. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa, (1) pendayagunaan perpustakaan sekolah melalui pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kategori sedang, hal tersebut dikarenakan frekuensi berkunjung siswa rendah, motivasi berkunjung siswa sebagian besar untuk mencari hiburan, siswa memilih mengakses infromasi melalui internet untuk memenuhi kebutuhan informasi siswa yang hal tersebut dapat memberikan kemudahan menyelesaikan suatu masalah seperti tugas sekolah, alasan siswa berkunjung keperpustakaan karena suasana perpustakaan yang nyaman, (2) literasi siswa SMKN 1 Blitar iv dalam kategori sedang, hal tersebut alokasi membaca siswa membutuhkan waktu 60-30 menit dan siswa mampu membaca satu buku dalam kurun waktu satu minggu, cara untuk mengembangkan kemampuan kebahasaan melalui kegiatan membaca, siswa mengetahui informasi yang seharusnya dibagikan kepada orang lain, pemanfaatan informasi yang sering diakses siswa berupa koleksi fiksi, dan sebagian besar siswa membaca artikel untuk memenuhi kebutuhan informasinya, (3) tidak ada hubungan signifikan antara pendayagunaan perpustakaan sekolah melalui pembelajaran Bahasa Indonesia dengan literasi siswa SMKN 1 Blitar. Saran yang diberikan dalam penelitian ini, yakni (1) terkait dengan informasi dan layanan yang telah disediakan di perpustakaan sekolah, hendaknya pihak guru lebih memaksimalkan pendayagunaan perpustakaan dalam kegiatan pembelajaran sebagai sumber informasi tambahan untuk memenuhi kebutuhan tugas sekolah dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada siwa untuk lebih gemar membaca, yang hal tersebut akan berpengaruh pada kemampuan literasi siswa, (2) keberhasilan suatu lembaga perpustakaan ditentukan oleh kualitas layanan dan fasilitas perpustakaan. Koleksi bahan pustaka merupakan suatu hal yang penting, baik berupa kesesuaian, kelengkapan dan jumlah eksemplar koleksi yang disediakan perpustakaan sekolah. Maka sebaiknya pihak perpustakaan menyediakan koleksi yang dibutuhkan siswa dengan jumlah eksemplar yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan informasi siswa, (3) perlu adanya kerjasama antara guru bidang studi dan pustakawan untuk meningkatkan pendayagunaan perpustakaan sekolah melalui pembelajaran Bahasa Indonesia agar dapat berdampak pada literasi siswa SMKN 1 Blitar, yang dapat dilakukan melalui kegiatan pembinaan dan pemberian motivasi secara maksimal kepada siswa untuk mendayagunakan layanan dan fasilitas yang disediakan di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item