Penggunaan media tape recorder untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bercerita siswa kelas V SDN Srandil Kec. Jambon Kab. Ponorogo / Fetina Diana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media tape recorder untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bercerita siswa kelas V SDN Srandil Kec. Jambon Kab. Ponorogo / Fetina Diana Putri

Putri, Fetina Diana (2010) Penggunaan media tape recorder untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bercerita siswa kelas V SDN Srandil Kec. Jambon Kab. Ponorogo / Fetina Diana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Fetina Diana. 2009. Penggunaan Media Tape Recorder untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam bercerita Siswa Kelas V SDN Srandil Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suharjo M.S. M.A. Pembimbing (II) Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata kunci Media tape recorder keterampilan berbicara Bahasa adalah alat komunikasi. Sehubungan dengan hal itu secara otomatis manusia sebagai pemakai bahasa harus memiliki keterampilan berbahasa diantaranya keterampilan berbicara. Mengingat pentingnya keterampilan berbahasa maka keterampilan berbahasa perlu dibinakan kepada masyarakat penuturnya. Sedangkan keberhasilan pengajaran bahasa salah satunya pengajaran keterampilan berbicara ini dapat berhasil jika didukung dengan media yang tepat. Media berfungsi sebagai sarana untuk memperlancar jalannya proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pengajaran. Di dalam penelitian ini penulis menemukan berbagai masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam keterampilan berbicara yaitu di dalam keterempilan berbicara siswa kurang senang dan antusias siswa lebih suka mendengarkan dan menyimak nilai siswa dalam keterampilan berbicara kurang Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) mendeskripsikan penggunaan media tape recorder dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Srandil (2) mendeskripsikan penggunaan media tape recorder untuk meningkatkan keaktifan siswa (3) mendeskripsikan penggunaan media tape recorder untuk meningkatkan rasa senang pada siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Srandil Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Data diperoleh dengan menggunakan metode pengamatan langsung wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat ditemukan bahwa penggunaan media tape recorder dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata skor keaktifan siswa yaitu pada siklus I 52 86 menjadi 74 28 pada siklus II. Nilai rata-rata pada indikator intonasi pada siklus I 1 75 meningkat menjadi 2 708 pada siklus II nilai rata-rata pada indikator ketepatan pada siklus I 1 417 meningkat menjadi 2 5 nilai rata-rata siswa pada indikator pelafalan pada siklus I 1 542 meningkat menjadi 2 792 nilai rata-rata siswa pada indikator kecepatan pada siklus I 1 292 meningkat menjadi 2 667 nilai rata-rata siswa pada indikator ekspresi pada siklus I 2 5 meningkat menjadi 2 833. Guru harus mengoptimalkan pembelajaran keterampilan berbicara agar pada kegiatan pembelajaran siswa-siswa mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi. Penggunaan media tape recorder juga menambah rasa senang bagi siswa dalam keterampilan berbicara. i Media tape recorder ternyata mampu membangkitkan motivasi belajar siswa memperjelas pemahaman isi yang disampaikan oleh pembicara mengarahkan siswa mampu mengemukakan idenya yang bermakna dan sesuai dengan konteksnya memperlancar siswa mengungkapkan idenya secara lisan dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan tata bahasa yang tepat. Dari uraian diatas dapatlah dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan tape recorder dalam pengajaran keterampilan berbicara siswa dari segi kesesuaian antara keterpahaman berbicara oleh pendengar kelancaran berbicara ketepatan kecepatan pelafalan intonasi dan ekspresi. Sebagai saran kepada guru dan sekolah sebaiknya lebih meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara khususnya dalam bercerita agar siswa lebih terampil dalam mengungkapkan ide isi dan pendapat dari cerita yang didengarnya melalui media tape recorder.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102609

Actions (login required)

View Item View Item