Ikhwandaru, Tri Tutus (2009) "Penerapan model pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Duwet 04 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang" / Tri Tutus Ikhwandaru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
PKn merupakan mata pelajaran yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa datang. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PKn harus dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa di SDN Duwet 04 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang belum menerapkan model pembelajaran bermain peran. Sebagian siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 80% dan ketuntasan individual 75 dari materi. Berdasarkan hal tersebut model pembelajaran bermain peran sangat tepat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran karena dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran bermain peran dalam pembelajaran PKn Pada siswa kelas IV SDN Duwet 04 2) Mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran bermain peran terhadap aktivitas dan partisipasi siswa kelas IV SDN Duwet 04 3) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar PKn pada pokok bahasan sistem pemerintahan melalui model pembelajarn bermain peran siswa kelas IV SDN Duwet 04. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan Perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Standar nilai ketuntasan minimal 75 dengan ketuntasan belajar kelas 80% dari jumlah subyek penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru dan 26 siswa kelas IV SDN Duwet 04. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara APKG II alat Penilaian aktivitas belajar siswa pedoman observasi partisipasi siswa dalam bermain peran dan post test. Hasil analisis data setelah penerapan model pembelajaran role playing menunjukkan bahwa 1) pembelajaran PKn dengan penerapan model pembelajaran bermain peran kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP mencapai skor 97 dengan prosentase keberhasilan 97% 2) untuk aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai nilai rata-rata kelas 86 92 dan partisipasi siswa dalam bermain peran mencapai rata-rata kelas 87 3) Hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 87 30 dengan ketuntasan belajar kelas sudah tercapai 88 46%. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran bermain peran pada pembelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan siswa kelas IV SDN Duwet 04 dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh siswa sebelum penerapan model pembelajaran bermain peran post test siklus I dan post test siklus II yang terus mengalami peningkatan Saran yang disampaikan kepada guru yaitu agar dapat menerapkan model pembelajaran bermain peran pada pembelajaran PKn dengan kompetensi lain ataupun mata pelajaran lain. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan bandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102606 |
Actions (login required)
View Item |