Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui pemberian penguatan pada kelas V SDN Klenang Kidul Kidul 1 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo / Hestty Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui pemberian penguatan pada kelas V SDN Klenang Kidul Kidul 1 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo / Hestty Wilujeng

Wilujeng, Hestty (2009) Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui pemberian penguatan pada kelas V SDN Klenang Kidul Kidul 1 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo / Hestty Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pemberian penguatan pada pembelajaran PKn pada kelas V SDN Klenang kidul 1 (2) mendeskripsikan penguatan yang dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klenang Kidul 1 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 20 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan yang diberikan kepada siswa berupa penguatan verbal penguatan dengan sentuhan penguatan simbol penguatan dengan mendekati siswa. Pemberian penguatan teresbut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Klenang Kidul 1 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Hal ini dilihat dari perolehan rata-rata tes prosentase yang meningkat dari siklus I rata-rata individu 12 siswa mencapai diatas rata-rata 80%. Siswa yang lain sebanyak 8 orang kurang memenuhi nilai rata-rata 80%. Prosentase ketuntasan belajar yaitu (80 00%). Pada siklus 2 rata-rata siswa meningkat sebanyak 20 siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Prosentase rata-rata siswa mencapai diatas nilai ketuntasan belajar. Pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar yaitu di atas (80%) sehingga siklus dihentikan. Dampak pemberian penguatan pada pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Klenang Kidul 1 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi tentang keantusiasan siswa saat melakukan tanya jawab dan wawancara dengan siswa yang menjawab sikap senang. Selain itu dari hasil observasi motivasi siswa juga mengalami peningkatan dan siswa juga bersemangat dalam belajar. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan dapat meningkatkan prestasi aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas V SDN Klenang kidul I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Saran yang diberikan peneliti adalah (1) guru hendaknya lebih memperhatikan semua siswa yang perlu adanya pemberian penguatan sehingga siswa tidak iri dan kecewa (2) sekolah hendaknya memberikan kebebasan kepada guru untuk memberikan variasi penggunaan penguatan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102602

Actions (login required)

View Item View Item