Penggunaan metode speed reading untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas V pelajaran bahasa Indonesia SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang / Fifin Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode speed reading untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas V pelajaran bahasa Indonesia SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang / Fifin Nurhayati

Nurhayati, Fifin (2010) Penggunaan metode speed reading untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas V pelajaran bahasa Indonesia SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang / Fifin Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati Fifin. 2009. Penggunaan Metode Speed Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas V Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (2) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata kunci Speed Reading Membaca Cepat Sekolah Dasar Pesatnya perkembangan informasi menuntut setiap orang untuk berpacu dengan ledakan informasi di abad ini. Pembaca dituntut memiliki keterampilan membaca yang memadai. Dengan demikian diperlukan sebuah keterampilan membaca cepat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan metode Speed Reading dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang (2) mendeskripsikan perkembangan kemampuan membaca cepat siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang yang belajar menggunakan metode Speed Reading dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang dengan penggunaan metode Speed Reading. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan membaca cepat siswa melalui metode Speed Reading pada siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari kecepatan membaca efektif siswa mulai dari pra tindakan rata-rata sebesar 70 kpm siklus I sebesar 107 kpm dan siklus II 138 kpm. Kemampuan membaca memindai dan aktivitas kelompok mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata 82 86 dan siklus II rata-rata 84 82. Aktivitas siswa saat membaca mengalami peningkatan dari pra siklus 7 siswa menggerakkan bibir 8 siswa menunjuk kata dengan jari dan 10 siswa yang cara duduknya belum baik siklus I yaitu 3 siswa menggerakkan bibir 2 siswa menunjuk kata dengan jari dan 5 siswa yang cara duduknya belum baik dan pada siklus II hanya 2 siswa yang cara duduknya belum baik. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru dalam pembelajaran metode Speed Reading menggunakan jam digital agar siswa dapat dengan mudah dan teliti menghitung kecepatan membaca secara berpasangan sedangkan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti aspek lain seperti penggunaan metode Speed Reading dapat meningkatkan kecepatan mengerjakan soal ulangan dan pengaruh kecepatan membaca dapat meningkatkan keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102601

Actions (login required)

View Item View Item