Penerapan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Klangrong I / Samsul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Klangrong I / Samsul Arifin

Arifin, Samsul (2010) Penerapan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Klangrong I / Samsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV diketahui terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran IPA di kelas tersebut antara lain yaitu (1) kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan ceramah (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran (3) motivasi belajar siswa rendah. Dari semua permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV kurang optimal yaitu 60 65. Padahal kriteria ketuntasan minimalnya adalah 65. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk menangani kurang optimalnya hasil belajar IPA kompetensi dasar mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu dan nyamuk dengan menerapkan media diorama melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kompetensi dasar mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu dan nyamuk dengan menerapkan media diorama. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media diorama (diorama daur hidup hewan) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Klangrong I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Hal ini terbukti dari data yang memaparkan hasil belajar pada siswa meningkat dari pra tindakan ke siklus I yaitu dari 60 65 menjadi 68 48 dan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 68 48 menjadi 81 3. Semua siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan penerapan media diorama (diorama daur hidup hewan) di kelas IV SDN Klangrong I Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan pada siklus I berjalan dengan baik meskipun ada beberapa kendala. Namun hal itu dapat diperbaiki pada siklus II. Tanggapan yang diberikan oleh guru dan siswa tentang penerapan media diorama daur hidup hewan juga cukup baik. Adapun saran yang diberikan antara lain yaitu (1) guru bisa menerapkan media diorama (diorama daur hidup hewan) dalam pembelajaran IPA di kelas IV (2) selain dengan penerapan media diorama guru perlu menerapkan media pembelajaran lain sehingga hasil belajar siswa kelas IV dapat lebih ditingkatkan lagi (3) penerapan media diorama dalam pembelajaran pada penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti-peneliti lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102600

Actions (login required)

View Item View Item