Perbedaan Kinerja PKL Yang Dilaksanakan Pada Semester 3 Dengan Semester 4 Siswa Progam Keahlian Desain Informasi dan Bangunan SMK Kota Blitar.

Heryaningtyas, Risna (2019) Perbedaan Kinerja PKL Yang Dilaksanakan Pada Semester 3 Dengan Semester 4 Siswa Progam Keahlian Desain Informasi dan Bangunan SMK Kota Blitar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Heryaningtyas, Risna. 2019. Perbedaan Kinerja PKL Yang Dilaksanakan Pada Semester 3 Dengan Semester 4 Siswa Progam Keahlian Desain Informasi dan Bangunan SMK Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd (II) Drs. Priyono, M.Pd. Kata Kunci : Praktik Kerja Lapangan dan SMK Kota Blitar Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan pembelajaran sekolah yang dilaksanakan di dunia usaha dan dunia industri. Idealnya pelaksanaan PKL dilaksanakan pada semester 4 dan semester 5. Namun SMK Negeri 1 Blitar dan SMK Swasta Islam 1 Blitar melaksanakan PKL di semester 3 dan 4. Hal inilah yang menjadi pertanyaan peneliti apakah siswa yang PKL pada semester 3 akan menghasilkan kinerja yang sama dengan siswa yang PKL pada semester 4 mengingatkan ada perbedaan bekal ilmu pengetahuan yang didapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja PKL siswa semester 3 dan 4 serta perbedaan antara kinerja PKL siswa semester 3 dan semester 4. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analasis deskriptif dan independentt-testuntuk mengukur perbedaan kinerja PKL semester 3 sebagai varibel bebas (X1) dan kinerja PKL semester 4 sebagai variabel bebas (X2). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Progam Keahlian DPIB SMK Negeri 1 Blitar dan SMK Swasta Islam 1 Blitar dengan jumlah sampel masing-masing 39 responden untuk semester 3 dan 41 responden untuk semester 4. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja PKL siswa semester 3 dengan rerata skor 3,72 masuk kategori baik kecuali indikator kinerja pengetahuan, keterampilan dan kuantitas kinerja masuk kategori cukup. Sedangkan kinerja PKL siswa semester 4 dengan rerata skor 4,29 masuk kategori sangat baik. Namun pada indikaator disiplin, semester 3 lebih baik daripada semester 4. Hasil uji t-test dengan harga sig 0,000<0,05 menunjukan bahwa ada perbedaan kinerja antara siswa yang melaksanakan PKL pada semester 3 dengan siswa yang melaksanakan PKL pada semester 4. Kinerja PKL siswa semester 4 lebih baik daripada semester 3 didukung dengan hasil rerata skor serta t-hitung 8.839.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 07 Dec 2020 07:45
Last Modified: 07 Dec 2020 07:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item