Heryaningtyas, Risna (2019) Perbedaan Kinerja PKL Yang Dilaksanakan Pada Semester 3 Dengan Semester 4 Siswa Progam Keahlian Desain Informasi dan Bangunan SMK Kota Blitar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASANAnnisaF.R2021.PengembanganAplikasiBelajarMandiriBerbasisAndroidUntukMeningkatkanSelfRegulatedLearningPadaMataPelajaranTeknologiPerkantoran(StudiPadaPesertaDidikKelasXOTKPSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang).SkripsiProdiPendidikanAdministrasiperkantoranJurusanManajemenFakultasEkonomidanBisnisUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HenyKusdiyantiS.PdM.MKataKunciPenelitiandanPengembanganMediaPembelajaranMobileLearningSelfRegulatedLearningRevolusiIndustri4.0memilikidampaktidakhanyapadaaspekekonomimelainkanjugapadaaspekpendidikanterlebihpadapendidikankejuruan.PendidikankejuruanmampumencetaklulusanyangsiapmenghadapiRevolusiIndustri4.0.haltersebutdimaksudkanagarmerekamampubersaingdiduniakerjasetelahmerekalulus.Berdasarkandenganhaltersebutmakaperludikembangkanmediapembelajaranyangsesuaidengankebutuhansaatini.penelitiandanpengembanganinibertujuanuntuk(1)MengembangkanmediapembelajaranAplikasiBelajarMandiri(AJARI)padapesertadidikkelasXOTKPdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang(2)MengetahuikelayakanpadamediapembelajaranAplikasiBelajarMandiri(AJARI)padapesertadidikkelasXOTKPdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalangmelaluiahlimediadanahlimateri(3)MengetahuiperbedaanantarakelasyangmenggunakanaplikasidengankelasyangtidakmenggunakanaplikasipadapesertadidikkelasXOTKPdiSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang.Penelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangan(RampD)yangterdiridari8langkahyaitu(1)PotensidanMasalah(2)PengumpulanData(3)DesainProduk(4)Validasidesain(5)Revisiproduk(6)Ujicobaproduk(7)RevisiProduk(8)UjiCobaPemakaian.ProdukdiujicobakanpadapesertadidikkelasXOTKP1diSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang.Sebagaikelaseksperimen.Instrumenpengumpulandataberupahasilobservasiwawancaradankuisioner.Datayangdiperolehberupadatakualitatifdankuantitatif.TeknikanalisisyangdigunakanuntukmelihatperbedaantingkatSelf-RegulatedLearningyangkemudiandianalisismenggunakanteknikanalisisujiMann-Whitney.HasilpenelitiandanpengembanganiniadalahAplikasiBelajarMandiri(AJARI)yangdibuatdengansoftwareiSpringSuite9danmengemasmateriKD3.6Menerapkanpengoperasianaplikasipengolahbahancetaksecaramenarikyangdapatdigunakanpadasmartphoneandroidsecaraofflinesehinggapesertadidikbisamengaksesaplikasikapanpundandimanapun.SelainituAplikasiBelajarMandiriinididesainsecaramenarikdengankombinasiwarnayangsesuaiagarpenggunatidakmudahbosansaatmengoperasikannya.Hasilvalidasiahlimateriahlimediadan6siswaujicobakelompokkeciladalahldquoSangatValidrdquosehinggadisimpulkanbahwaAJARIlayakdigunakandalampembelajaranTeknologiPerkantoranKelasXOTKP.Sedangkanhasilperbedaanself-regulatedlearningmenunjukkanself-regulatedlearningkelaseksperimenlebihbesardibandingkandengankelaskontrolsehinggadapatdisimpulkanbahwaself-regulatedlearningpesertadidikterdapatperbedaanantarakelasyangmenggunakanAJARIdanyangtidakmenggunakanAJARI.HaliniberdasarkanhasilujistatistikMann-WhitneyyangmenunjukkannilaiAsymp.Sig.(2-tailed)sebesar0000lt005sehinggadapatdisimpulkanbahwaH0ditolakdanHaditerima.SaranyangdapatdiberikankepadapenelitiselanjutnyaadalahmengembangkanmediapembelajaranpadasistemoperasilainnyasepertiiOSdanmenyajikanmaterimatapelajaranlainnyadengankecepatanloadingaplikasiyanglebihbaiksertaukuranfileyanglebihkecil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 07:45 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 07:45 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1026 |
Actions (login required)
View Item |