Penggunaan strategi survey, question, read, record, recite, dan review(SQ4R) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Al-Irsyad Kota Batu / Moh. Faishal - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan strategi survey, question, read, record, recite, dan review(SQ4R) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Al-Irsyad Kota Batu / Moh. Faishal

Faishal, Moh. (2009) Penggunaan strategi survey, question, read, record, recite, dan review(SQ4R) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Al-Irsyad Kota Batu / Moh. Faishal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faishal M. 2009. Penggunaan Strategi Survey Question Read Record Recite dan Review (SQ4R) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Al-Irsyad Kota Batu. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd. Kata kunci Strategi SQ4R Membaca Pemahaman Pembelajaran membaca di Sekolah Dasar merupakan dasar atau landasan untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Keefektifan pembelajaran membaca ditentukan oleh implikasi membaca sebagai proses mengembangkan keterampilan memahami isi bacaan. Berdasarkan hasil orientasi di lokasi penelitian ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran membaca yaitu (1) rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran membaca bertema ilmu pengetahuan (2) siswa masih kurang tepat menjawab sebagian pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan dan (3) siswa kesulitan menyimpulkan isi bacaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) rencana pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui strategi SQ4R (2) pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui strategi SQ4R (3) peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan strategi SQ4R. Rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama meliputi penemuan masalah umum perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Siklus kedua berisi perbaikan masalah umum penelitian dengan perencanaan yang lebih terfokus. Instrumen penelitian berupa (1) pedoman observasi (2) dokumentasi dan (3) wawancara. Sumber data penelitian ini adalah guru bidang studi bahasa Indonesia dan siswa kelas V SD Al-Irsyad Kota Batu yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian siklus pertama menemukan bahwa tingkat penguasaan membaca pemahaman rata-rata 66 5 % meningkat 6 3 % dari hasil pretes. Siswa yang tuntas dalam belajar 16 siswa atau 69 5 %. Sebanyak 7 siswa atau 30 4 % yang belum menunjukkan ketuntasan. Siklus kedua menunjukkan bahwa strategi SQ4R dapat meningkatkan pemahaman bacaan dalam hal menjawab pertanyaan (question) membuat ide pokok (record) dan menceritakan kembali teks bacaan dengan kata-kata sendiri (recite). Penguasaan membaca pemahaman rata-rata menjadi 83 5 % meningkat 17 %. Ketuntasan individu menjadi 22 siswa atau 95 6 % meningkat 26 % dari siklus pertama. Tingkat pemahaman siswa menunjukkan perkembangan yang semula berada pada tingkat baca frustasi menjadi tingkat baca instruksional. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa tercapai dan membuktikan strategi SQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Al-Irsyad. Saran penelitian ini antara lain strategi SQ4R hendaknya digunakan dalam proses belajar memahami suatu bacaan. Disarankan untuk melakukan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan peningkatan minat terhadap bacaan nonfiksi dengan strategi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102598

Actions (login required)

View Item View Item