Penerapan CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Maguan I Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang pada pembelajaran IPA / Very Listyo Asmoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Maguan I Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang pada pembelajaran IPA / Very Listyo Asmoro

Asmoro, Very Listyo (2010) Penerapan CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Maguan I Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang pada pembelajaran IPA / Very Listyo Asmoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asmoro Very L. 2009. Penerapan CTL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Maguan I kecamatan Ngajum kabupaten Malang pada Pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Pencegahan Kerusakan Lingkungan. Program Studi SI PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Drs. Heru Agus Tri Wijaja M.Pd. Kata Kunci CTL Aktivitas Hasil Belajar Siswa IPA Berdasarkan observasi di kelas IV SDN Maguan kecamatan Ngajum kabupaten Malang diketahui terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran IPA. Permasalahan tersebut antara lain (1) guru mendominasi pelajaran (2) siswa cenderung pasif dalam pembelajaran IPA hal ini dikarenakan pembelajaran masih menggunakan cara tradisional. (3) nilai rata-rata kelas siswa pada hasil ulangan harian dan rapot masih kurang dari kriteria yang ditentukan yaitu 80%. Dari permasalahan tersebut yang paling utama adalah hasil belajar IPA yang kurang dari standar ketuntasan KTSP. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk menangani rendahnya hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) mendeskripsikan aktivitas pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Maguan I kabupaten Malang 2) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Maguan I melalui penerapan pembelajaran kontekstual 3) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Maguan I melalui penerapan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Maguan I kecamatan Ngajum kabupaten Malang yang terdiri dari 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Maguan I kecamatan Ngajum kabupaten Malang. Namun demikian nampaknya masih diperlukan upaya-upaya lebih lanjut dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah tersebut. Dari hasil penelitian dapat disarankan agar penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri pada mata pelajaran IPA perlu ditindaklanjuti oleh guru SDN Maguan I kecamatan Ngajum kabupaten Malang. Karena model pembelajaran CTL dengan metode inkuiri mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102597

Actions (login required)

View Item View Item