Nikmah, Didin Khoirun (2009) Pemanfaatan cd interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kebonagung II Malang / Didin khoirun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonagung II Malang. Hasil observasi awal ditemukan bahwa pembelajaran IPA pokok materi perubahan kenampakan bumi dan langit di SDN Kebonagung II Malang guru masih menggunakan metode konvensional dan jarang menggunakan media. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pratindakan yaitu 61 22. dan masih terdapat 23 siswa (56.09%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang ditetapkan yaitu 65. Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan pembelajaran IPA dengan memanfaatkan CD interaktif melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan CD interaktif pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kebonagung II Malang (2) mendeskripsikan penerapan CD interaktif dapat meningkatkan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung (3) mendeskripsikan penerapan CD interaktif dapat meningkatkan rasa senang siswa (4) mendeskripsikan penerapan CD interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa (5) mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap pemanfaatan CD interaktif pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kebonagung II malang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonagung II Malang sebanyak 41 siswa. Materi yang dibahas adalah perubahan kenampakan bumi dan langit. Instrumen yang digunakan adalah observasi dokumentasi wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CD interaktif dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terbukti bahwa siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu siswa juga merasa senang. Hal ini terbukti dari wajah mereka yang selalu berseri-seri serta lebih semangat dalam mengikuti pelajaran. Selain itu CD interaktif juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat perolehan skor yang meningkat dari rata-rata sebelumnya yaitu 71 1 pada siklus I meningkat menjadi 85 6 pada siklus II dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 95 12%. Guru dan siswa kelas IV SDN Kebonagung II Malang juga memberikan tanggapan yang positif terhadap pemanfaatan CD interaktif pada pembelajaran IPA. Guru menyatakan bahwa dengan menggunakan CD interaktif siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran serta hasil belajarnya lebih meningkat dari pada pembelajaran sebelumnya. Beberapa siswa juga menyatakan bahwa mereka merasa senang dalam mengikuti pelajaran dan lebih mudah menyerap materi yang diajarkan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar guru dapat memanfaatkan media CD interaktif pada pembelajaran IPA dengan materi atau mata pelajaran yang lain. Selain itu penggunaan media CD interaktif dalam penelitian ini dapat digunakan pada penelitian-penelitian lain sebagai bahan bandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102596 |
Actions (login required)
View Item |