Pemanfaatan media lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi kelas IV SDN Resapombo 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Siti Umayanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi kelas IV SDN Resapombo 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Siti Umayanah

Umayanah, Siti (2010) Pemanfaatan media lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi kelas IV SDN Resapombo 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Siti Umayanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umayanah Siti. 2009. Pemanfaatan Media Lingkungan Sekitar Sekolah untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Kelas IV SDN Resapombo 03 kecamatan Doko kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata kunci lingkungan sekitar menulis karangan deskripsi. Pembelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari empat aspek keterampilan utama yaitu mendengarkan berbicara membaca dan menulis. Pada Kurikulum Tingat Satuan Pendidikan (KTSP) salah satu materinya adalah menulis karangan deskripsi. Pembelajaran menulis karangan deskripsi mulai diajarkan di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan deskripsi dengan memanfaatkan media lingkungan sekitar sekolah siswa kelas IV SDN Resapombo 03 kecamatan Doko kabupaten Blitar pada tahap pra menulis tahap menulis dan tahap pasca menulis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan durasi waktu 2 x 35 menit yang dilaksanakan dalam tahapan planning sampai dengan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti dengan lembar observasi dan panduan wawancara untuk guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Resapombo 03 kecamatan Doko kabupaten Blitar mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil yang diperoleh mencapai rata-rata 40% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata 92%. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis penelitian yaitu jika dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi memanfaatkan media lingkungan sekitar sekolah maka dapat meningkatkan prestasi siswa SDN Resapombo 03 kecamatan Doko kabupaten Blitar dalam menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil dan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatan media lingkungan sekitar sekolah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. (1) Untuk mempermudah pembelajaran menulis karangan deskripsi disarankan kepada guru untuk memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran. (2) Bagi peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai langkah awal untuk melanjutkan penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102595

Actions (login required)

View Item View Item