Pemanfaatan kebun sekolah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 / Dyah Ayu Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan kebun sekolah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 / Dyah Ayu Pertiwi

Pertiwi, Dyah Ayu (2010) Pemanfaatan kebun sekolah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 / Dyah Ayu Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ayu Dyah Pertiwi. 2009. Pemanfaatan Kebun Sekolah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Karangrejo 02. Skripsi Jurusan KSDP S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M. Si (2) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata Kunci kebun sekolah hasil belajar IPA Dalam pembelajaran sehari-hari guru hanya menjelaskan materi dengan menggunakan metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru yaitu dengan menjelaskan materi secara lisan sehingga siswa terlihat pasif. Rata-rata hasil ulangan siswa tentang bagian-bagian tumbuhan adalah 62 60 dari 23 siswa yang belum mencapai SKM sebanyak 10 siswa. Lingkungan alam sekitar merupakan sumber belajar yang faktual dan kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan salah satunya adalah kebun sekolah. Keuntungan yang dapat diperoleh dari mempelajari lingkungan alam sekitar adalah kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan siswa sehingga memotivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan pembelajaran materi bagian-bagian tumbuhan dengan memanfaatkan kebun sekolah di SDN Karangrejo 02 2).Mendeskripsikan pemanfaatan kebun sekolah dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan di SDN Karangrejo 02 3). Mendeskripsikan tanggapan guru terhadap pemanfaatan kebun sekolah dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Karangrejo 02 4). Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pemanfaatan kebun sekolah dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Karangrejo 02. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini subyeknya adalah siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 yang berjumlah 23 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1). Pembelajaran dengan menggunakan kebun sekolah dilakukan dengan cara siswa mengamati tumbuhan mencacat hasil pengamatan menggambar bentuk daun dan mempresentasikan hasil pengamatannya sehingga siswa terlihat aktif dalam belajar 2). Pemanfaatan kebun sekolah dapat meninggkatkan hasil belajar IPA 3). Guru menanggapi positif adanya pemanfaatan kebun sekolah karena sebelum mengajar di kebun sekolah memerlukan persiapan yang matang mengajar IPA di kebun sekolah sangat menyenangkan memerlukan waktu yang lama dan tenaga yang ekstra serta dapat memotivasi siswa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat 4). Siswa memberi tanggapan yang positif terhadap pemanfaatan kebun sekolah dalam pembelajaran IPA. Siswa menyatakan senang terlibat aktif dan meningkatkan ketertarikannya untuk mempelajari bagian tumbuh-tumbuhan yang lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1). Dalam pembelajaran IPA hendaknya guru dapat memanfaatkan kebun sekolah secara optimal 2). Guru dapat mengembangkan kebun sekolah sebagai sumber belajar dan media benda konkrit untuk membelajarkan materi pokok IPA yang lainnya atau materi pokok dalam mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102593

Actions (login required)

View Item View Item