Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek melalui gambar kartun berseri siswa kelas III SDN Sebaung I Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2008/2009 / Inayatul Maula - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek melalui gambar kartun berseri siswa kelas III SDN Sebaung I Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2008/2009 / Inayatul Maula

Maula, Inayatul (2009) Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek melalui gambar kartun berseri siswa kelas III SDN Sebaung I Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2008/2009 / Inayatul Maula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk mempermudah peserta didik agar lebih banyak mendapatkan ide-ide tertentu guru sebaiknya menggunakan media yang relevan dengan kompetensi yang akan dicapai. Berdasarkan uraian tersebut peneliti berpendapat bahwa media yang cocok untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen adalah dengan memberikan gambar kartun berseri yang dipilih dan disukai oleh peserta didik hal ini dilakukan agar peserta didik lebih termotivasi dan banyak mendapatkan ide untuk ditulis dalam bentuk cerpen. Berdasarkan studi awal peneliti selama melakukan observasi dan wawancara pada guru kelas III di SD Negeri Sebaung I Kabupaten Probolinggo ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan diantaranya (1) mengungkapkan gagasan dalam bentuk tulisan (2) membuat alur cerita yang runtut (3) menggunakan bahasa yang mudah dipahami (4) kurang memperhatikan penggunaan tanda baca yang tepat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk melaksanakan tindakan ini disusun pelaksanaan tindakan sebanyak 2 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan pada siklus II juga dilaksanakan dalam 2 kali. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang dilaksanakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung baik pada siklus I maupun pada siklus II. Selain itu peneliti juga menilai hasil akhir berdasarkan penulisan cerpen yang dilakukan oleh setiap siswa. Kegiatan yang dilaksanakan dalam penelitian ini berdasarkan pada lima aktivitas. Aktivitas (1) pra menulis (2) pemburaman (3) perbaikan (4) penyuntingan dan (5) publikasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I pada aktivitas pra menulis skor siswa mencapai 75% dari skor maksimal pada aktivitas pemburaman skor siswa mencapai 67 4% dari skor maksimal pada aktivitas perbaikan skor siswa mencapai 61 1% dari skor maksimal pada aktivitas penyuntingan skor siswa mencapai 65 7% dari skor maksimal dan pada aktivitas publikasi skor siswa mencapai 77 8% dari skor maksimal. Sedangkan hasil penelitian siklus II pada aktivitas pra menulis siswa mencapai 82% dari skor maksimal pada aktivitas pemburaman skor siswa mencapai 81 2% dari skor maksimal pada aktivitas perbaikan skor siswa mencapai 81 1% dari skor maksimal pada aktivitas penyuntingan skor siswa mencapai 81 5% dari skor maksimal dan pada aktivitas publikasi skor siswa mencapai 79 2% dari skor maksimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas pra menulis pemburaman perbaikan penyuntingan dan publikasi melalui gambar kartun berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas III SDN Sebaung I Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102592

Actions (login required)

View Item View Item