Analisis kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di SDN Citrodiwangsan 04 Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang (studi kasus di kelas 1, 3 dan 4) / Anis Masyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di SDN Citrodiwangsan 04 Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang (studi kasus di kelas 1, 3 dan 4) / Anis Masyana

Masyana, Anis (2010) Analisis kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di SDN Citrodiwangsan 04 Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang (studi kasus di kelas 1, 3 dan 4) / Anis Masyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masyana Anis. 2009. Analisis Kemampan Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di SDN Citrodiwangsan 04 Lumajang (studi kasus kelas 1 3dan 4). Skripsi Program S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutarno M.Pd (2) Dr. Sa dun Akbar M.Pd Kata kunci kemampuan guru pengelolan pembelajaran studi kasus Kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di kelas secara tidak langsung menunjukkan kualitas guru dalam mengajar. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di kelas yang peneliti laksanakan di SDN Citrodiwangsan 04 Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang mencakup kemampuan guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran ketrampilan mengajar kemampuan guru dalam penilaian hasil belajar dan kemampuan guru dalam pelaksanaan tindak lanjut. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada guru kelas 1 guru kelas 3 dan guru kelas 4 di SDN Citrodewangsan 04 Lumajang pada saat proses belajar mengajar berlangsung di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek dari pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas pada saat mengajar memperoleh kriteria yang amat baik. Penilaian tersebut dapat ditunjukkan dari perolehan nilai diatas 75% untuk setiap aspek pengelolaan pembelajaran yang meliputi penyusunan rencana pembelajaran ketrampilan guru dalam mengajar penilaian hasil belajar dan pelaksanaan tindak lanjut. Hal itu menunjukkan bahwa guru mampu dalam pengelolaan pembelajaran di kelas meskipun terdapat hal-hal yang masih kurang diperhatikan oleh beberapa guru kelas. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan saran peneliti kepada guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran yaitu 1) pada aspek penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran guru sebaiknya memperhatikan setiap kelengkapan aspek rencana pelaksanaan pembelajaran seperti penulisan waktu pada setiap kegiatan pembelajaran menuliskan metode dan melampirkan lembar penilaian siswa. 2) pada aspek ketrampilan mengajar penulis memberikan saran dalam mengajar sebaiknya guru menggunakan berbagai variasi dalam mengajar agar siswa tidak merasa jenuh dan lebih memperhatikan pelajaran. 3) pada aspek penilaian hasil belajar guru sebaiknya memberikan penilaia terhadap tugas yang dikerjakan oleh siswa agar siswa semangat dalam mengerjakan tugas 4) pada aspek tindak lanjut guru sebaiknya menganalisis hasil evaluasi tindak lanjut agar guru dapat mengetahui siapa saja siswa yang kurang berhasil dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti kasus sejenis diharapkan penelitian dilaksanakan dengan waktu relatif lebih lama dari yang peneliti lakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102591

Actions (login required)

View Item View Item