Pemanfaatan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Clumprit 03 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Sri Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Clumprit 03 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Sri Wahyuningsih

Wahyuningsih, Sri (2009) Pemanfaatan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Clumprit 03 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Sri Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting bagi semua orang sebagai salah satu penyampaian suatu pesan menuangkan ide tanggapan kritik serta informasi kepada orang lain. Media merupakan hal yang memberikan pengaruh sangat besar dalam keberhasilan pembelajaran menulis bagi siswa untuk lebih tertarik bersemangat dan menyenangkan. Puzzle sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa. Penelitian bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan media puzzle dalam pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas V di SDN Clumprit 03 Pagelaran Kabupaten Malang (2) mendeskripsikan pemanfaatan media puzzle yang dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Clumprit 03 Pagelaran Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan proses siklus spiral dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Penelitian dilaksanakan secara kolaborsi antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesi kelas V. Subyek penelitian tindakan siswa kelas V SDN Clumprit 03 berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan memanfaatkan media puzzle (1) kemampuan guru merancang pembelajaran meningkat 11% (2) proses kegiatan pembelajaran untuk perasaan senang meningkat 23% untuk keaktifan meningkat 13% (3) hasil menulis deskripsi pada pretes yang mencapai batas minimum 60% sebanyak 9 siswa tindakan siklus I meningkat menjadi 19 siswa pada siklus II meningkat menjdi semua siswa (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah (1) Pemanfaatan media puzzle dalam pembelajaran menulis deskripsi meliputi tahap persiapan pelaksanaan dan permainan berakhir (2) Adanya peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa dengan memanfaatkan media puzzle terbukti dengan hasil pretes postes pada siklus I dan siklus II. Beradasarkan penelitian tersebut dikemukakan saran bagi (1) guru hendaknya memanfaatkan media puzzle dalam pembelajaran (2) kepala sekolah hendaknya diberikan bimbingan dan pembinaan terhadap guru terutama pemanfaatan media dalam pembelajaran (3) bagi peneliti lain perlu adanya penelitian lain lebih lanjut berkenaan dengan pemanfaatan media puzzle dalam pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102589

Actions (login required)

View Item View Item