Penerapan permainan tebak misteri untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN Pandanwangi 5 Kota Malang / Fitri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan tebak misteri untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN Pandanwangi 5 Kota Malang / Fitri Wulandari

Wulandari, Fitri (2009) Penerapan permainan tebak misteri untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN Pandanwangi 5 Kota Malang / Fitri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Fitri. 2009. Penerapan Permainan Tebak Misteri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas III SDN Pandanwangi 5 Kota Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Kependidkan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Program Studi S1 PGSD. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M. Pd dan (2) Drs. Usep Kustiawan M. Sn Kata Kunci permainan tebak misteri menulis deskripsi sekolah dasar Berdasarkan observasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Pandanwangi 5 Malang peneliti menemukan fakta bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan menulis deskripsi. Guru dalam pelaksanaan pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional (ceramah) yang membuat peserta didik merasa jenuh dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu data menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata menulis deskripsi peserta didik SDN Pandanwangi 5 kurang dari 65. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan permainan tebak misteri dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas III SDN Pandanwangi 5 Malang dan (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas III SDN Pandanwangi 5 Malang dengan menggunakan permainan tebak misteri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN Pandanwangi 5 Malang sebanyak 44 anak. Pelaksanaan PTK ini terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara angket dan tes keaktifan peserta didik serta kemampuan guru melakukan pembelajaran dengan permainan tebak misteri. Teknik analisa data yang digunakan adalah aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dan keterampilan peserta didik dalam menulis deskripsi. Kemampuan awal menulis deskripsi peserta didik rata-rata adalah 61 15. Setelah diberikan tindakan pada siklus I rata-rata kemampuan menulis deskripsi peserta didik menjadi 66 36. Dari hasi pelaksanaan siklus I menunjukkan peningkatan rata-rata 5 21. Pelaksanaan siklus II menunjukkan rata-rata kemampuan menulis deskripsi peserta didik meningkat menjadi 71 82. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 5 46. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tebak misteri dengan memanfaatkan benda yang dibungkus dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik. Kemampuan peserta didik dalam menulis deskripsi dapat dilihat dari kenaikan rata-rata yang diperoleh. Saran yang diberikan kepada para guru dan peneliti lain adalah (1) Guru dapat mengembangkan penerapan permainan tebak misteri pada pokok bahasan lain (2) Pembuatan RPP pengelolaan kelas yang baik disertai komponen pelengkap pembelajaran lain (3) Penerapan permainan tebak misteri perlu dikembangkan lebih lanjut dan lebih bervariasi untuk memperbaiki kekurangan (baik masalah waktu yang digunakan media pembelajaran dan pengelolaan kelas yang maksimal) dan memperoleh hasil yang maksimal dan (4) Dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam melakukan penelitian lebih lanjut dan sejenis dengan materi atau cakupan yang lebih luas. Melalui penelitian-penelitian serupa akan diperoleh berbagai ragam permainan yang sesuai dengan ragam sub pokok bahasan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102587

Actions (login required)

View Item View Item