Penggunaan blok dienes untuk meningkatkan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SDN Watuwungkuk Probolinggo / Desi Arie Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan blok dienes untuk meningkatkan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SDN Watuwungkuk Probolinggo / Desi Arie Kurniawati

Kurniawati, Desi Arie (2010) Penggunaan blok dienes untuk meningkatkan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SDN Watuwungkuk Probolinggo / Desi Arie Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Desi Arie. 2009. Penggunaan Blok Dienes untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas II SDN Watuwungkuk Probolinggo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto M. Pd Kata-kata Kunci Blok Dienes konsep penjumlahan dan pengurangan Sekolah Dasar. Berdasarkan pengamatan peneliti dalam pembelajaran matematika di kelas II SDN Watuwungkuk Probolinggo menemukan fakta bahwa siswa masih mengalami kesulitan konsep penjumlahan dan pengurangan. Itu disebabkan karena dalam pembelajaran di kelas guru cenderung menggunakan metode ceramah yang membuat siswa merasa jenuh. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa. Tujuan penelitian ini (a) untuk mendeskripsikan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II SDN Watuwungkuk Probolinggo sebelum menggunakan Blok Dienes (b) untuk mendeskripsikan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II SDN Watuwungkuk Probolinggo setelah menggunakan Blok Dienes (c) untuk mengetahui apakah penggunaan Blok Dienes dapat meningkatkan penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II SDN Watuwungkuk Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tahap evaluasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian seluruh siswa kelas II SDN Watuwungkuk Probolinggo sebanyak 16 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Blok Dienes untuk konsep penjumlahan dan pengurangan lembar observasi keaktifan siswa selama pembelajaran dan pedoman wawancara. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) individu dalam penelitian ini 60% dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal 70%. Sebelum tindakan nilai ratarata siswa 61 25 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar mengalami peningkatan yaitu rata-rata siswa menjadi 66 25 namun masih ada 9 siswa (56%) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selanjutnya dilakukan lagi tindakan pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa menjadi 82 5 tetapi masih ada 1 siswa (6 25%) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan 15 siswa (93 75%) sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102583

Actions (login required)

View Item View Item