Penggunaan media perspektif 3 dimensi untuk meningkatkan hasil belajar konsep bangun ruang siswa kelas VI SDN Podokoyo I, Pasuruan / I Made Kerta Ardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media perspektif 3 dimensi untuk meningkatkan hasil belajar konsep bangun ruang siswa kelas VI SDN Podokoyo I, Pasuruan / I Made Kerta Ardana

Ardana, I Made Kerta (2009) Penggunaan media perspektif 3 dimensi untuk meningkatkan hasil belajar konsep bangun ruang siswa kelas VI SDN Podokoyo I, Pasuruan / I Made Kerta Ardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki konsep yang abstrak oleh sebab itu guru dituntut untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami konsep tersebut tanpa kesulitan. Hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan media dan ketepatan penggunaan media karena berpengaruh pada hasil belajar siswa. Media perspektif 3 dimensi sangat membantu dalam memahami konsep bangun ruang pada standar kompetensi merumuskan volume berbagai bangun ruang dan Kompetensi Dasar menghitung volume kubus dan balok. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media perspektif 3 dimensi bangun ruang kubus dan balok di kelas VI SDN Podokoyo Kec. Tosari Kab. Pasuruan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam pelaksanaannya penelitian ini dibagi menjadi dua siklus yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Podokoyo I Tosari Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media perspektif 3 dimensi sangat bermanfaat dalam membantu hasil belajar siswa dalam memahami konsep bangun ruang kubus dan balok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi instrumen penelitian adalah soal-soal tes dan lembar pengamatan. Sebagai saran penggunaan media perspektif 3 dimensi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang selain itu penelitian ini dapat dijadikan pedoman untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102581

Actions (login required)

View Item View Item