Penerapan portofolio dalam pembelajaran sains di kelas III SDN Pucangsimo 2 Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang / Haris Wibisono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan portofolio dalam pembelajaran sains di kelas III SDN Pucangsimo 2 Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang / Haris Wibisono

Wibisono, Haris (2009) Penerapan portofolio dalam pembelajaran sains di kelas III SDN Pucangsimo 2 Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang / Haris Wibisono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan pembelajaran portofolio dalam pembelajaran Sains di kelas III SDN Pucangsimo 2 (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa sajakah yang ditemui dalam penerapan portofolio dalam pembelajaran Sains di kelas III SDN Pucangsimo 2 (3) Untuk mengetahui cara mengatasi hambatan dalam penerapan portofolio dalam pembelajaran Sains di kelas III SDN Pucangsimo 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan yang digunakan adalah PTK dengan tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas (a) Perencanaan (b) Pelaksanaan (c) Observasi (d) Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah (a) Teknik test (b) Teknik wawancara (c) Teknik observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Portofolio membuat guru lebih mudah untuk mengadakan penilaian kepada siswa (2) Pembelajaran dengan penerapan portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains kelas III SDN Pucangsimo 2 Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang yaitu dari rerata skor 62 85 dan daya serap klasikal 10 % pada pratindakan dan setelah ditindakan menjadi rerata skor 75 89 dan daya serap klasikal 64 % pada siklus I meningkat pada siklus II yaitu rerata skor 80 35 dan daya serap klasikal 82 % dan meningkat menjadi 85 31 dan daya serap klasikal 92 % pada siklus III (3) Dampak penerapan portofolio dalam pembelajaran Sains adalah mempermudah guru dalam mengadakan penilaian dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan portofolio dalam pembelajaran Sains di kelas III SDN Pucangsimo 2 Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang adalah model penilaian yang melibatkan beberapa aspek Lampiran 8. Hasil wawancara dengan guru kelas III sebelum dan setelah tindakan Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan portofolio dalam pembelajaran Sains di kelas III SDN Pucangsimo 2 Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang adalah dilaksanakan dengan beberapa persiapan diantaranya menentukan jenis portofolio menentukan tujuan penyusunan memilih kategori dokumen memberikan penilaian. Kemudian diteruskan dengan pengembangan portofolio yaitu pada periode tertentu. Pengumpulan bukti-bukti tersebut juga dicantumkan tanggal pembuatan sampul dan identitas siswa. Dalam akhir periode portofolio guru mengadakan pennilaian apa yang disebut nilai akhir portofolio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102580

Actions (login required)

View Item View Item