Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah siswa kelas IV SDN Klurahan III Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk / Siti Umi Nurul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah siswa kelas IV SDN Klurahan III Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk / Siti Umi Nurul Hidayah

Hidayah, Siti Umi Nurul (2009) Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah siswa kelas IV SDN Klurahan III Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk / Siti Umi Nurul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode mengajar guru dalam kegiatan keterampilan berbahasa (tulis dan lisan) masih menggunakan metode konvensional yakni pemberian tugas dalam hal ini guru langsung memberikan tugas kepada siswa tanpa memperhatikan kemampuan berbahasa yang dimiliki siswa sehingga pada saat membuat ringkasan cerita dan menceritakan hasil meringkas nilainya masih rendah.. Selain itu guru tidak memanfaatkan perpustakaan secara optimal sebagai salah satu sarana belajar siswa dalam keterampilan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa tulis dan lisan siswa mendiskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas V yang bertindak sebagai observer dan pemberi masukan guna memperbaiki pembelajaran. Sedangkan peneliti sebagai pelaksana pengumpul data dan yang menerapkan strategi dan metode dalam mengajar yang tentunya dengan mengikuti tiga alur siklus. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 1-31 Oktober 2008 di SDN Klurahan III dengan jumlah siswa 17 anak teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan catatan lapangan wawancara dan study dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik diskriptif. Berdasarka hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam pembelajaran keterampilan berbahasa dapat dilakukan dengan metode ceramah tanya jawab pemberian tugas (berkunjung keperpustakaan) dan menggunakan media menghadirkan narasumber sehingga keterampilan berbahasa baik tulis ataupun lisan dapat terlaksana dengan baik. Pemanfaatan perpustakaan sekolah yang meningkat pada pembelajaran berbahasa tulis siswa kelas IV SDN Klurahan III Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2008/2009 ditunjukkan pada kegiatan. Pemanfaatan perpustakaan sekolah yang meningkat pada pembelajaran berbahasa lisan siswa kelas IV SDN Klurahan III Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2008/2009 ditunjukkan pada kegiatan pratindakan. Dari kesimpulan di atas dapat disarankan bahwa guru dalam mengajar keterampilan berbahasa hendaknya memanfaatkan perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102579

Actions (login required)

View Item View Item