Pemanfaatan media pembelajaran koin bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Percobaan 1 kota Malang / Novi Qurratu A'yunin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pembelajaran koin bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Percobaan 1 kota Malang / Novi Qurratu A'yunin

A'yunin, Novi Qurratu (2010) Pemanfaatan media pembelajaran koin bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Percobaan 1 kota Malang / Novi Qurratu A'yunin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A yunin Novi Qurratu. 2009. Pemanfaatan Media Pembelajaran Koin Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Percobaan 1 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Purwendarti M.Pd. (2) Drs. Suharjo M.S. M.A. Kata Kunci Media Koin Bilangan Bulat Hasil Belajar Matematika SD. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran dengan materi yang abstrak sehingga sebagian siswa kurang memahami. Hal ini dikarenakan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa SD masih dalam taraf berfikir kongkret maka memahami hal-hal yang abstrak perlu pemanfaatan media pembelajaran yang relevan. Hasil pengamatan awal dalam proses pembelajaran matematika dengan pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan serta media yang digunakan kurang bervariasi yaitu menggunakan media mistar bilangan bulat saja sehingga hanya 20% siswa yang dapat memanfaatkan sedangkan siswa yang lain hanya memperhatikan saja. Untuk hasil belajarnya siswa belum mencapai standart ketuntasan kelas dimana rata-rata nilai matematika siswa hanya 68 sedangkan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan di SDN Percobaan 1 Kota Malang adalah 70. Berdasarkan hal tersebut media pembelajaran koin bilangan bulat sebagai alternatif peningkatan hasil pembelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran koin bilangan bulat dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada bulan November-Desember 2008. Subyek Penelitian ini adalah guru dan 46 siswa kelas IVA SDN Percobaan 1 Kota Malang. Instrumen penelitian ini antara lain soal pre tes post tes lembar pengamatan. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran siklus I dan II mencapai 100% (2) tingkat keefektifan siswa pada siklus I tercapai 93 47 selanjutnya pada siklus II keefektifan siswa meningkat menjadi 100% (3) tingkat kesenangan siswa pada siklus I mencapai 93 46% dan meningkat pada siklus II menjadi 97 83%. Adapun hasil belajar siswa rata-rata pada waktu pre tes (sebelum pemanfaatan media koin bilangan bulat) adalah 61 30 dengan kategori kurang baik. Setelah dilaksanan siklus I mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 81 74 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 91 09% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan memanfaatkan media pembelajaran koin bilangan bulat dapat menciptakan keaktifan siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif kesenangan kebermaknaan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti 100% siswa telah mencapai keriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 70. Maka berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru-guru sekolah dasar untuk memanfaatkan media koin bilangan bulat sebagai alternatif pembelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102576

Actions (login required)

View Item View Item