Penerapan model pembalajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan kerjasama siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Bareng 3 Malang / Eka Dian Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembalajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan kerjasama siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Bareng 3 Malang / Eka Dian Wulandari

Wulandari, Eka Dian (2009) Penerapan model pembalajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan kerjasama siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Bareng 3 Malang / Eka Dian Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

6 ABSTRAK Wulandari Eka Dian. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kerjasama Siswa Kelas V SDN Bareng 3 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suharjo M.S M.A. (II) Dra Harti Kartini M.Pd. Kata kunci pembelajaran kooperatif aktivitas kerjasama. Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas visi dan misi pendidikan nasional dapat diwujudkan dengan pergeseran paradigma proses pendidikan dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Paradigma pembelajaran lebih menitikberatkan pada peran dan partisipasi siswa. Partisipasi aktif dari siswa dapat diwujudkan melalui pembelajaran kontruktivis. Melalui pembelajaran kontruktivis siswa dituntut secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran serta menggunakan kemampuan berfikir kritis dan kreatif untuk memperoleh pengetahuan. Selain itu sebagai mahkluk sosial siswa diharapkan dapat melakukan kerjasama dengan orang lain sehinggga Depdiknas memasukkan kemampuan kerjasama ini ke dalam kecakapan sosial. Namun selama ini kedua hal itu belum seluruhnya dapat dilaksanakan di setiap SD. Berdasarkan observasi awal di kelas V SDN Bareng 3 Malang pada tanggal 6 November 2008 dan 23 Maret 2009 terlihat guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran hanya berlangsung satu arah. Siswa nampak kurang aktif selama pembelajaran berlangsung. Ketika siswa diberi kesempatan diskusi siswa nampak bekerja sendiri. Keadaan ini jika dibiarkan terus menerus akan semakin membuat siswa menjadi pasif akibatnya siswa akan kesulitan dalam mengemukakan pendapat atau ideidenya. Selain itu adanya perbedaan kemampuan intelektual siswa tanpa diimbangi dengan adanya kemampuan kerjasama akan membentuk mereka menjadi manusia yang egois dalam masyarakat. Hasil wawancara dengan guru terungkap bahwa aktivitas dan kerjasama siswa masih rendah terutama pada pembelajaran IPA. Oleh karena itu perlu adanya penerapan pembelajaran kooperatif yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kerjasama siswa kelas V SDN Bareng 3 Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilaksanakan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu rencana pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara diatur dikelompokkan ke dalam pola dan akhirnya ditemukan tema. Data yang terkumpul tersebut dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan kerjasama siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Peningkatannya tampak pada kenaikan jumlah setiap indikator tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kerjasama siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Bareng 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102575

Actions (login required)

View Item View Item