Rahayu, Revi Lujeng (2009) Penggunaan media konkrit untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Sidodadi II Lawang / Revi Lujeng Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iii ABSTRAK Rahayu Lujeng Revi. 2009. Penggunaan Media Konkrit untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sidodadi II Lawang. Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sa dun Akbar M. Pd. (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci Media Konkrit Hasil Belajar IPA Pembelajaran yang optimal dapat dicapai dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat. Namun pada kenyataannya media pembelajaran belum diterapkan dalam pembelajaran IPA di SDN Sidodadi 2 pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. Oleh karena itu peneliti menganggap penting mengadakan penelitian ini. Dengan tujuan yaitu untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran peningkatan hasil belajar serta memaparkan tanggapan guru dan siswa kelas III di SDN Sidodadi 2 Kecamatan Lawang Kabupaten Malang terhadap penerapan media konkrit. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Analisa kuantitatif dalam penelitian ini dilakukan terhadap hasil belajar siswa. Analisa kualitatif dalam penelitian ini menggunakan sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP) sesuai dengan KTSP SDN Sidodadi II yaitu 70% secara individual sedangkan klasikal yaitu 80% dari jumlah siswa di kelas. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi studi dokumen wawancara dan tes. Tempat pelaksanaan di SDN Sidodadi 2 kecamatan Lawang Kabupaten Malang dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 35 siswa dan dilaksanakan mulai tanggal 23 Februari-28 Maret 2009. Hasil penelitian setelah diterapkan media konkrit pada mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas gerak getaran dalam kehidupan sehari-hari yaitu guru mengarahkan mengorganisasikan membimbing memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan masukan dan menyimpulkan materi yuang dipelajari. Serta menunjukkan adanya dampak yang baik terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa dari siklus I (65) ke siklus II (81) dan dari peningkatan prosentase taraf keberhasilan siswa dari siklus I (46%) ke siklus II (86 %). Berdasarkan penelitian ini tanggapan guru dan siswa sangat baik dalam pembelajaran dan disarankan agar dalam pembelajaran IPA menggunakan media konkrit untuk meningkatkan hasil belajar siswa supaya pembelajaran menyenangkan dan hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102573 |
Actions (login required)
View Item |