Sukowati, Indah (2009) Penerapan teori belajar Jerome Bruner untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian siswa kelas II SDN Blimbing 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Indah Sukowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
5 ABSTRAK Sukowati I. 2009. Penerapan Teori Belajar Jerome Bruner untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Perkalian Siswa Kelas II SDN B imbing 4Kecamatan Blimbing Kota Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan KSDP. Program S1 PGSD. Pembimbing (1) Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd Kata kunci Teori Belajar Jerome Bruner dan Penguasaan Konsep Perkalian Penguasaan konsep perkalian siswa kelas II SDN Blimbing 4 kota Malang lebih rendah dengan operasi bilangan yang lain dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 54. Dari 51 siswa 24 siswa mendapatkan nilai di atas rata-rata kelas dan 27 siswa mendapatkan nilai di bawah rata-rata kelas. Hal ini karena guru lebih sering menerapkan metode pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa dan pengalamam langsung pada diri siswa. Permasalahan tersebut dicoba diatasi dengan penerapan teori belajar Jerome Bruner pada pembelajaran matematika tentang perkalian kelas II SDN Blimbing 4 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan teori belajar jerome Bruner untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas II SDN Blimbing 4 kota Malang (2) Mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan teori belajar Jerome Bruner pada konsep perkalian siswa kelas II SDN Blimbing 4 Kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan pelaksaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas II SDN Blimbing 4 Kota Malang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pedoman obsevasi soal dan pedoman wawancara. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1) Hasil observasi penerapan teori belajar Jerome Bruner pada penguasaan konsep perkalian siswa kelas II SDN Blimbing 4 Kota Malang nilai rata-rata kelas pra tindakan adalah 41 siklus I adalah 62 dan siklus II adalah 81. Sehingga penguasaan konsep perkalian siswa dari pra tindakan ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 97 % dengan kategori sangat baik (2) hasil observasi aktivitas siswa dengan penerapan teori belajar Jerome Bruner pada siklus I sebesar 80 % dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa dengan penerapan teori belajar Jerome Bruner pada siklus II sebesar 85 % dengan kategori baik. Saran dari penelitian ini dikemukakan sebagai berikut (1) Teori belajar Jerome Bruner layak dipertimbangkan sebagai alternatif pembelajaran perkalian (2) Bagi guru yang mengajar matematika disarankan menerapkan teori belajar Jerome Bruner dalam kegiatan pembelajaran perkalian (3) Guru pengajar disarankan menerapkan pendekatan dalam pembelajaran matematika yang memungkinkan terjadinya poses belajar melalui pengalaman langsung (4) Bagi guru perlu diketahui bahwa siswa sekolah dasar khususnya kelas II penerapan teorema Jerome Bruner yang cocok diterapkan hanya teorema kontruksi dan teorema variasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102572 |
Actions (login required)
View Item |