Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS materi koperasi siswa kelas IV SDN Kebonagung II Malang / Desi Ratna Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS materi koperasi siswa kelas IV SDN Kebonagung II Malang / Desi Ratna Sulistyowati

Sulistyowati, Desi Ratna (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS materi koperasi siswa kelas IV SDN Kebonagung II Malang / Desi Ratna Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratna Sulistyowati Desi. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Materi Koperasi Siswa Kelas IV SDN Kebonagung II Malang. Skripsi Jurusan S1-PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci NHT motivasi belajar hasil belajar IPS Berdasarkan pengamatan dan wawancara yang telah dilakukan di SDN Kebonagung II Malang diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa kelas IV masih mengalami kesulitan ketika memahami konsep tentang Koperasi. Hasil pretest menunjukkan bahwa masih 85% siswa kurang menguasai materi koperasi. Pembelajaran sehar -hari yang dilakukan dengan menjelaskan secara lisan tertulis di papan tulis dan pemberian kesempatan bertanya ketika guru mengajar hanya direspon oleh sebagian kecil siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS materi koperasi siswa kelas IV SDN Kebonagung II Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus masingmasing siklus terdiri atas perencanaan tindakan observasi dan refleksi.. Instrumen penelitian ini antara lain lembar wawancara lembar observasi tes dokumentasi angket dan catatan lapangan yang ditujukan kepada guru (peneliti) dan siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 59 22% yang termasuk dalam kategori kurang pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 84 50% yang termasuk dalam kategori baik. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25 30%. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata sebesar 68 65 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 56%. Pada siklus II skor rata-rata kelas meningkat menjadi 89 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 97 56%. Skor rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 29 64% sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 41 56%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkn motivasi dan hasil belajar IPS materi koperasi siswa kelas IV SDN Kebonagung II Malang. Disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi lain untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan guru hendaknya menggunakan media pembelajaran selain LKS dan mengkombinasikan media LKS dengan media dan sumber pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102570

Actions (login required)

View Item View Item