Efektifitas penerapan metode contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan materi norma siswa kelas III SDN Jatiguwi V Sumberpucung Malang tahun 2008 / Marsiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penerapan metode contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan materi norma siswa kelas III SDN Jatiguwi V Sumberpucung Malang tahun 2008 / Marsiti

Marsiti (2009) Efektifitas penerapan metode contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan materi norma siswa kelas III SDN Jatiguwi V Sumberpucung Malang tahun 2008 / Marsiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marsiti 2008. Efektifitas Penerapan Metode Contekstual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas III SDN Jatiguwi V Sumberpucung Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Hj. Ruminiati M.Si (II) Drs. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci Pembelajaran PKn Pendekatan CTL motivasi belajar Latar belakang perlunya penerapan CTL karena berdasarkan pengamatan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi pelajaran PKn cenderung rendah dan motivasi belajar siswa kurang pembelajaran kurang menerapkan keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata. Sesuai dengan latar belakang di atas rumusan masalahnya yaitu penerapan metode CTL motivasi belajar PKn efektifitas penerapan metode CTL dalam meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas III SDN Jatiguwi V Sumberpucung. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan metode CTL motivasi belajar PKn dan menjelaskan efektifitas penerapan metode CTL. Inti dari kajian pustaka tentang Metode CTL Motivasi belajar Efektifitas penerapan metode CTL. Metodologi penelitian ini dirancang dengan rancangan PTK yang meliputi dua siklus (siklus I dan Siklus II). Lokasi penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Jatiguwi V Sumberpucung Malang. Subyeknya siswa kelas III sebanyak 19 orang siswa laki-laki 9 orang sedang perempuan 10 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi (pengamatan). Tehnik analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan perolehan skor situasi belajar mengajar minat dan motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan CTL. Pembahasan data pra tindakan yang di kategorikan tuntas 4 siswa dengan nilai rata-rata kelas 65 2. nilai tertinggi 77 dan nilai terendah 52. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu dari 19 siswa yang ada ada 17 siswa di kategorikan tuntas nilai rata-rata kelas 79 4. Nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 68. Pembahasan data siklus II ( siklus konfirmasi). Pada siklus II dari 19 siswa 18 siswa dikategorikan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 81 4. Nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 68. Saran yang dikemukakan yaitu (1) bagi guru penggunaan CTL dalam pembelajaran PKn lebih ditingkatkan sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan kemampuan proses dan hasil belajar pendekatan CTL layak dipertimbangkan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn (2) Bagi kepala sekolah diharapkan selalu memberikan bimbingan agar metode CTL ini tidak hanya digunakan pada mata pelajaran IPA dan Matematika tetapi juga mata pelajaran lain (3) Bagi peneliti lain disarankan penggunaaan CTL sampai ada perubahan sikap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102569

Actions (login required)

View Item View Item