Penerapan model permainan simulasi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn pokok bahasan tolong menolong siswa kelas II Sekolah Dasar Ampelgading 01 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar tahun ajaran 2008-2009 / Desfita Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model permainan simulasi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn pokok bahasan tolong menolong siswa kelas II Sekolah Dasar Ampelgading 01 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar tahun ajaran 2008-2009 / Desfita Agustina

Agustina, Desfita (2010) Penerapan model permainan simulasi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn pokok bahasan tolong menolong siswa kelas II Sekolah Dasar Ampelgading 01 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar tahun ajaran 2008-2009 / Desfita Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina Desfita. 2009. Penerapan Model Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Tolong Menolong Siswa Kelas II Sekolah Dasar Ampelgading 01 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar. Skripsi Program S1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sa dun Akbar M. Pd (2) Drs. Sutarno M. Pd. Kata Kunci Model Permainan Simulasi Keaktifan Hasil Belajar PKn Tolong Menolong Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru kelas dua beserta murid kelas dua diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn di kelas dua tersebut. Permasalah tersebut antara lain (1) terjadi kebosanan peserta didik dengan metode yang digunakan (2) semakin pudar jiwa tolong menolong yang dimiliki peserta didik (3) dominasi guru masih tinggi sehingga aktifitas siswa kurang optimal (4) guru masih banyak bergantung pada buku dan (5) guru kurang mengoptimalkan bekerja bersama-sama. Oleh karena itu peneliti untuk menangani permasalahan yang ada dan rendahnya hasil belajar siswa dengan menerapkan model permainan simulasi dalam pembelajaran PKn pokok bahasan tolong menolong pada kelas II SDN Ampelgading 01. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskrpsikan aktivitas proses pembelajaran dengan model permainan simulasi pada pembelajaran PKn pokok bahasan tolong menolong siswa kelas II SDN Ampelgading 01 (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan model permainan simulasi pada pembelajaran PKn pokok bahasan tolong menolong siswa kelas II SDN Ampelgading 01 dan (3) mendeskripsikan aktifitas siswa dengan model permainan simulasi pada pembelajaran PKn pokok bahasan tolong menolong siswa kelas II SDN Ampelgading 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar siswa meningkat. Prosedur tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN Ampelgading 01 yang berjumlah 24 orang siswa. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah guru kelas II dan peneliti secara kolaboratif sedangkan instrumen penunjang menggunakan (1) pedoman observasi (2) panduan wawancara (3) dokumentasi dan (4) soal-soal tes. Hasil penelitian menyimpulkan pembelajaran PKn pokok bahsan tolong menolong dengan menggunakan model permainan simulasi telah berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II SDN Ampelgading 01 yang dapat di tunjukkan dari adanya peningkatan nilai rata-rata dari tes pratindakan sebesar 58 75. Dengan model permainan simulasi nilai siswa meningkat pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 72 08 dan Siklus II nilai rata-rata sebesar 88 33 Disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seobtimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102568

Actions (login required)

View Item View Item