Identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar matematika di kelas rendah SD Negeri Karangtengah 1 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Anjar Triyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar matematika di kelas rendah SD Negeri Karangtengah 1 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Anjar Triyono

Triyono, Anjar (2011) Identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar matematika di kelas rendah SD Negeri Karangtengah 1 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Anjar Triyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kesulitan Belajar Matematika Matematika di sekolah dasar sudah diberikan sejak dari kelas satu hingga kelas enam. Mata pelajaran ini menjadi mata pelajaran pokok di setiap satuan pendidikan. Ada berbagai metode penyampaian yang digunakan oleh guru dengan tujuan agar lebih mudah diterima oleh siswa. Matematika telah menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa sekolah dasar sehingga membuat mata pelajaran ini beserta gurunya ditakuti oleh para siswa. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika sulit dan membosankan. Untuk itu guru perlu melakukan tindakan dalam mengelola siswa dengan menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Alasan digunakannya pendekatan kualitatif ini karena peneliti tidak melakukan pengetesan atau pengujian hipotesis melainkan berusaha menelusuri memahami menjelaskan gejala kaitan hubungan antara segala sesuatu yang diteliti. Dalam hal ini mendeskripsikan tentang faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kasus di kelas rendah SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Metode yang digunakan adalah dengan metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung secara mendalam untuk mengetahui fakta-fakta yang ada. Dengan pendekatan ini diharapkan peneliti dapat menghasilkan data yang deskriptif yang nantinya dapat dituangkan dalam bentuk laporan dan uraian jadi tidak diutamakan angka-angka statistik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan-kesulitan belajar matematika di kelas rendah SD Negeri 1 kota Blitar. Subjek penelitian ini adalah warga sekolah di sekitar SD Negeri Karangtengah 1 kota Blitar yang berjumlah 3 siswa kepala sekolah guru siswa orang tua siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan 4 metode yaitu observasi angket wawancara dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi dilakukan peneliti untuk memperoleh data tentang kondisi siswa kelas dan fasilitas belajar yang dimiliki siswa. Hasil observasi kondisi kelas peneliti menemukan kondisi kelas kurang dilengkapi dengan sarana dan fasilitas belajar matematika. Wawancara dan angket yang digunakan oleh peneliti bertujuan untuk memperoleh data tentang minat dan motivasi anak terhadap mata pelajaran matematika. Hal ini dapat memberikan jawaban apakah siswa yang kesulitan belajar matematika penyebabnya dari dalam diri siswa yaitu minat dan motivasinya. Hasil penelitian ini adalah faktor kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa SD Negeri Karangtengah 1 yang disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern antara lain a) Minat siswa pada mata pelajaran matematika b) Motivasi siswa ketika belajar matematika motivasi yang rendah akan menumbuhkan minat siswa untuk malas dan bosan dalam belajar c)Fisik/jasmani siswa ketika belajar matematika kondisi fisik atau jasmani siswa saat mengikuti pelajaran. Faktor ekstern antara lain a) Guru dalam mengajar mata pelajaran matematika metode dan gaya mengajar guru juga memberi pengaruh besar terhadap minat siswa dalam belajar matematika. Cara penyampaian pelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa kurang berminat dan kurang bersemangat untuk mengikutinya b) Fasilitas belajar bagi siswa yang kurang mampu memahami pelajaran dengan adanya alat peraga akan membantu siswa dalam belajarnya c) Situasi/kondisi lingkungan sekolah lingkungan sekolah juga menjadi faktor penghambat bagi anak d) Faktor keluarga Faktor orang tua merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap kemajuan belajar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102566

Actions (login required)

View Item View Item