Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Pancur 01 Pasuruan / Umiarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Pancur 01 Pasuruan / Umiarsih

Umiarsih (2009) Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Pancur 01 Pasuruan / Umiarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah bercita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Cara yang ditempuh oleh pemerintah adalah memberikan bantuan operasional sekolah. Harapan pemerintah agar proses belajar mengajar berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan masalah biaya pendidikan dan kemampuan siswa dapat berkembang di sekolah. Hal ini tidak sesuai dengan harapan pemerintah bahwa hasil nilai Ujian Akhir Semester I tahun ajaran 2008/2009 di SDN Pancur 01 nilai rata-rata IPS kelas V mencapai 50. Ini berarti tidak sesuai dengan ketuntasan belajar yang telah ditetapkan oleh SDN Pancur 01 untuk mata pelajaran IPS adalah 60. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru mengajar tidak membuat RPP namun hanya mengisi jurnal dan tidak menggunakan media dalam mengajar. Siswa dalam kegiatan belajar di kelas bersikap pasif. Untuk itu dalam penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang diadakan guru dengan menggunakan media gambar seri dan menemukan dapat atau tidaknya penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan peristiwa menjelang kemerdekaan Indonesia mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Pancur 01. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini diadakan di SDN Pancur 01 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Siswa kelas V SDN Pancur 01 berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam tindakan ini adalah tes tulis observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses guru mengajar menggunakan media gambar seri pada siklus I yaitu dengan memanjang gambar di papan tulis mengadakan tanya jawab dengan siswa dan guru menjelaskan gambar seri. Pada siklus II media gambar seri dipajang di papan tulis dan meminta siswa untuk bercerita tentang gambar seri. Hasil tes tulis pada kegiatan pra tindakan mencapai nilai rata-rata 4 35 menjadi 63 pada siklus I dan menjadi 75 pada siklus II . Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 58 93% menjadi 80 35% pada siklus II. Ada 2 kelompok yang belum tuntas belajar dan ada 6 siswa juga yang belum tuntas belajar. Hal ini terjadi pada siklus I namun pada siklus II semua kelompok dan semua siswa belajar dengan tuntas.Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar pokok bahasan peristiwa menjelang kemerdekaan Indonesia mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Pancur 01. Disarankan bagi guru SD yang mengajar IPS dengan materi sejarah sebaiknya menggunakan media gambar seri. Dengan adanya media materi dapat tersampaikan dengan jelas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kepada peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dijadikan petimbangan untuk penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102565

Actions (login required)

View Item View Item