Pemanfaatan media pembelajaran sederhana model bangun datar dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas III MI Almaarif 09 Randuagung singosari malang / Rima Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pembelajaran sederhana model bangun datar dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas III MI Almaarif 09 Randuagung singosari malang / Rima Yunita

Yunita, Rima (2010) Pemanfaatan media pembelajaran sederhana model bangun datar dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas III MI Almaarif 09 Randuagung singosari malang / Rima Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yunita Rima. 2009. Pemanfaatan MPS Model Bangun Datar Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Kelas III MI Al Maarif 09 Randuagung Singosari Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan KSDP. Program S1 PGSD. Pembimbing (1) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. (2) Drs. Sutrisno M.Pd. Kata Kunci Pemanfaatan MPS Model Bangun Datar Pemahaman Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa dengan memanfaatakan MPS model bangun datar. Latar belakang penelitian ini yaitu (1) siswa kurang dalam memahami konsep bangun datar (2) tidak adanya media dalam pembelajaran (3) kurang kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran. Dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana pemanfaatan MPS model bangun datar siswa kelas III MI Al Maarif 09 Randuagung Singosari Malang (2) Apakah dengan memanfaatkan MPS model bangun datar dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas III MI Al Maarif 09 Randuagung Singosari Malang . Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pemanfaatan MPS model bangun datar siswa kelas III MI Al Maarif 09 Randuagung Singosari Malang (2) untuk mendeskripsikan pemanfaatan MPS model bangun datar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas III MI Al Maarif 09 Randuagung Singosari Malang. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas III-B MI Al Maarif 09 Randuangung Singosari Malang sebanyak 23 siswa. Penelitian ini diawali dengan pemahaman konsep bangun datar yang berkaitan dengan sifat-sifat bangun datar sederhana. Hasil yang diperoleh melalui pemberian tes awal kepada siswa telah menunjukkan bahwa 13% siswa termasuk kualifikasi cukup baik dan 86 9% kualifikasi kurang baik. Rendahnya nilai tersebut kemungkinan berakibat kurangnya penguasaan konsep matematika yang diantaranya adalah pemahaman konsep bangun datar. Perbaikan yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan pedoman wawancara.. sedangkan pendekatan dalam penelitian adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan (1) hasil observasi aktivitas guru siklus I dengan prosentase 78 3 % yang mempunyai kategori baik siklus II adalah 84 % yang mempunyai kategori baik dan pada siklus III adalah 93.3 % yang mempunyai kategori sangat baik sehungga terjadi peningkatan aktivitas guru sebesar 9 3 % (2) hasil observasi aktivitas siswa siklus I dengan prosentase 54 7 % yang mempunyai kategori baik pada siklus II adalah 82 4 % yang mempunyai kategori baik dan pada siklus III dengan prosentase 90 2 % yang mempunyai kategori sangat baik sehingga terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 8 3 % (3) pemahaman konsep bangun datar siswa meningkat sebanyak 14 siswa mempunyai kriteria sangat baik. Prosentase tes dalam memahami konsep bangun datar materi sifat-sifat bangun datar yaitu (1) pada tes awal 13 % siswa berkualifikasi tuntas sedangkan 86 9 % siswa berkualifikasi belum tuntas (2) pada tes akhir tindakan siklus I 73 3 % siswa berkualifikasi tuntas sedangkan 26 % siswa berkualifikasi belum tuntas (3) pada tes akhir tindakan siklus II 86 8 % siswa berkualifikasi tuntas sedangkan 13 % siswa berkualifikasi belum tuntas (4) pada tes akhir tindakan siklus III 100 % siswa berkualifikasi tuntas. Karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan MPS model bangun datar pada siswa kelas III-B MI Al Maarif 09 Randuagung Singosari Malang mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102564

Actions (login required)

View Item View Item