Fajriah, Lailatul (2009) Penggunaan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sidorejo 02 Pagelaran-Malang pada mata pelajaran PKn / Lailatul Fajriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
PKn merupakan mata pelajaran yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa datang. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PKn harus dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Hasil observasi awal ditemukan bahwa di SDN Sidorejo 02 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang khususnya pada kelas V belum pernah menerapkan metode simulasi dalam pembelajaran PKn. Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran cenderung menggunakan cara lama yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari proses belajar belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 80%. Berdasarkan hal tersebut metode simulasi sangat tepat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran karena dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penggunaan metode simulasi di kelas V SDN Sidorejo 02 Pagelaran-Malang pada matapelajaran PKn 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sidorejo 02 Pagelaran-Malang dengan penggunaan metode simulasi pada matapelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika proses pembelajaran dengan metode simulasi telah berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dalam metode simulasi selain itu siswa telah mencapai nilai standar minimal 75 dengan ketuntasan belajar kelas 80% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru dan 33 siswa kelas V SDN Sidorejo 02. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara APKG II alat penilaian aktivitas belajar siswa dan post tes. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) pada pembelajaran PKn siklus I dengan penerapan metode simulasi kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP mencapai skor 88 dengan prosentase keberhasilan 88% dan pada siklus II mencapai skor 97 dengan prosentase keberhasilan 97% 2) untuk aktivitas belajar siswa dengan metode simulasi pada siklus I mencapai nilai rata-rata kelas 79 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata kelas 86 87 3) hasil belajar siswa dengan menggunakan metode simulasi pada waktu pra tindakan (sebelum menggunakan metode simulasi) mencapai rata-rata kelas sebesar 69 39 dengan ketuntasan belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102563 |
Actions (login required)
View Item |