Nurkartika, Sofia (2009) Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui media gambar kartun berseri bagi siswa kelas III SDN Pasirharjo 02 Kecamatan tahun Kabupaten Blitar / Sofia Nurkartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan di Sekolah Dasar (SD) tentang materi menulis karangan narasi mengalami kesulitan membuat kalimat.. Untuk meningkatkan kemampuan siswa maka dalam mengajar dipergunakan media gambar kartun berseri metode dan motifasi sehingga siswa lebih semangat dalam menulis karangan. Memahami pentingnya meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi bagi siswa maka hendaknya menulis mendapatkan perhatian serius dari seluruh unsur pendidikan yang ada di sekolah. Namun kenyataannya pengajaran menulis karangan narasi di SDN Pasirharjo 02 Kabupaten Blitar kurang membantu siswa untuk menangkap materi menulis karangan narasi. Hal ini menyebabkan siswa menjadi bosan putus asa dalam belajar dan bersikap masa bodoh terhadap hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan penerapan media gambar kartun berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengarang narasi (2) mendeskripsikan adannya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi pada prapenulisan (3) Mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi pada saat penulisan (4) Mendiskripsikan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan narasi saat pascapenulisan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Tagart. PTK termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dilkumpulkan bisa bersifat kuantitatif dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentukkata-kata. Bentuk penelitian tindakan kelas inibersifat kolaboratif dimana penulis bertindak sebagai pengamat terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitiasn yang dilakukan selama tiga siklus pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan menulis karangan secara bertahap pada pra tindakan (0%) siklus I (48 15%) siklus II( 77 78%) dan Siklus III (100%). Hasil tersebut menunjukkan adanya ketuntasan belajar pada pelaksanaan siklus III. Berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan dengan tiga kali siklus kepada siswa kelas III yang berjumlah 27 siswa maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan media gambar kartun berseri untuk menulis karangan narasi melalui fase-fase menulis karangan yaitu fase prapenulisan fase penulisan dan fase pasca penulisan dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa lebih terstruktur bagi siswa kelas III SDN Pasirharjo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2008/2009.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102562 |
Actions (login required)
View Item |