Meningkatkan hasil belajar IPS dengan memanfaatkan media peta di kelas IV SD Negeri Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Rahama Wati Suatkab - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar IPS dengan memanfaatkan media peta di kelas IV SD Negeri Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Rahama Wati Suatkab

Suatkab, Rahama Wati (2010) Meningkatkan hasil belajar IPS dengan memanfaatkan media peta di kelas IV SD Negeri Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Rahama Wati Suatkab. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suatkab Wati Rahama. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Memanfaatkan Media Peta di Kelas IV SDN Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Imron Rosyadi H.SY.S.Pd M.Pd (2) Drs. Toha Mashudi.S.Pd M.Pd. Kata Kunci Hasil Belajar Manfaat Media Peta IPS. Pendidikan sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia memerlukan wawasan yang luas karena pendidikan menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia. Pendidikan nasional merupakan salah satu faktor penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempercepat ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut UU RI No 21 tahun 2003 pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru harus memilih model pembelajaran atau media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan perkembangan berpikir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan pemanfaatan media peta untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV SDN Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument pengumpulan data berupa (a) observasi yaitu aktifitas belajar siswa dan proses pembelajaran (b) tes yaitu pra tindakan siklus I dan siklus II. Data yang di peroleh dari hasil tes evaluasi hasil belajar dianalisis secara kualitatif dengan nilai standar 60 (10-100) dan tuntas belajarnya apabila telah mencapai 60. Pelaksanaan pembelajaran sibagi dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Hasil dari yang di peroleh dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dinilai dari proses pembelajaran pada para tindakan tindaka siklus I dan tindakan siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebagai berikut pra tindakan 940 tindakan siklus I 1210 dan tindakan siklus II 1630. dan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatan media peta dalam pembelajaran IPS materi Peta jawa timur pada (a) pra tindakan menunjukann 10 siswa mendapat nilai sangat kurang yaitu 37 0 menunjukan 12 siswa mendapat nilai kurang yaitu 44 4 dan 5 siswa mendapat nilai cukup yaitu 18 5. (b) tindakan siklus I menunjukan 10 siswa mendapat nilai kurang yaitu 59 2 menunjukan 7 siswa mendapat nilai cukup 25 9 dan 4 siswa mendapat nilai baik 14 8. (c) tindakan siklus II menunjukan 5 siswa mendapat nilai kurang 18 5 menunjukan 11 siswa mendapat nilai cukup 40 7 dan 11 siswa mendapat nilai baik 40 7. dengan demikian 27 siswa dikatakan tuntas. Peneliti memberi kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan Meningkatkan hasil belajar IPS dengan memanfaatkan media peta terbukti dengan adanya hasil beljar siswa pada setiap akhir siklus. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut makadapat menyarankan kepada (1) Guru dalam proses pembelajaran hendaknya menggunakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa dalam diskusi maupun kegiatan lain yang berkaitan dengan materi memberikan bimbingan atau permasalahan yang diberikan kepada mereka dalam upaya peningkatan kemampuan yang dimiliki siswa. (2) Kepala Sekolah hendaknya selalu memberikan motivasi bimbingan kepada guru-guru di lingkungan SDN Gununggangsir III agar selalu berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama hasil belajar siswa kearah yang lebih baik. ABSTRAK Suatkab Wati Rahama. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Memanfaatkan Media Peta di Kelas IV SDN Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Imron Rosyadi H.SY.S.Pd M.Pd (2) Drs. Toha Mashudi.S.Pd M.Pd. Kata Kunci Hasil Belajar Manfaat Media Peta IPS. Pendidikan sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia memerlukan wawasan yang luas karena pendidikan menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia. Pendidikan nasional merupakan salah satu faktor penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempercepat ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut UU RI No 21 tahun 2003 pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru harus memilih model pembelajaran atau media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan perkembangan berpikir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan pemanfaatan media peta untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV SDN Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument pengumpulan data berupa (a) observasi yaitu aktifitas belajar siswa dan proses pembelajaran (b) tes yaitu pra tindakan siklus I dan siklus II. Data yang di peroleh dari hasil tes evaluasi hasil belajar dianalisis secara kualitatif dengan nilai standar 60 (10-100) dan tuntas belajarnya apabila telah mencapai 60. Pelaksanaan pembelajaran sibagi dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Hasil dari yang di peroleh dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dinilai dari proses pembelajaran pada para tindakan tindaka siklus I dan tindakan siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebagai berikut pra tindakan 940 tindakan siklus I 1210 dan tindakan siklus II 1630. dan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatan media peta dalam pembelajaran IPS materi Peta jawa timur pada (a) pra tindakan menunjukann 10 siswa mendapat nilai sangat kurang yaitu 37 0 menunjukan 12 siswa mendapat nilai kurang yaitu 44 4 dan 5 siswa mendapat nilai cukup yaitu 18 5. (b) tindakan siklus I menunjukan 10 siswa mendapat nilai kurang yaitu 59 2 menunjukan 7 siswa mendapat nilai cukup 25 9 dan 4 siswa mendapat nilai baik 14 8. (c) tindakan siklus II menunjukan 5 siswa mendapat nilai kurang 18 5 menunjukan 11 siswa mendapat nilai cukup 40 7 dan 11 siswa mendapat nilai baik 40 7. dengan demikian 27 siswa dikatakan tuntas. Peneliti memberi kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan Meningkatkan hasil belajar IPS dengan memanfaatkan media peta terbukti dengan adanya hasil beljar siswa pada setiap akhir siklus. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut makadapat menyarankan kepada (1) Guru dalam proses pembelajaran hendaknya menggunakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa dalam diskusi maupun kegiatan lain yang berkaitan dengan materi memberikan bimbingan atau permasalahan yang diberikan kepada mereka dalam upaya peningkatan kemampuan yang dimiliki siswa. (2) Kepala Sekolah hendaknya selalu memberikan motivasi bimbingan kepada guru-guru di lingkungan SDN Gununggangsir III agar selalu berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama hasil belajar siswa kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102555

Actions (login required)

View Item View Item