Penerapan teori belajar Van Hiele untuk meningkatkan pemahaman konsep balok dan kubus siswa kelas IV SDN Polowijen 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Shofa Ardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teori belajar Van Hiele untuk meningkatkan pemahaman konsep balok dan kubus siswa kelas IV SDN Polowijen 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Shofa Ardiana

Ardiana, Shofa (2010) Penerapan teori belajar Van Hiele untuk meningkatkan pemahaman konsep balok dan kubus siswa kelas IV SDN Polowijen 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Shofa Ardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiana Shofa. 2008. Penerapan Teori Belajar Van Hiele untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Balok dan Kubus pada Siswa Kelas IV SDN Polowijen 2 Kota Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan KSDP. Program S1 PGSD. Pembimbing (1) Dra. Sri Harmini M.Pd (2) Drs. Suhartono S.Pd Kata kunci Geometri Teori Belajar Van Hiele Konsep Balok dan Kubus Guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika hendaknya memahami teori belajar mengajar matematika agar dapat menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran menjadi efektif bermakna dan menyenangkan. Oleh karena itu penelitian ini menerapkan Teori Belajar Van Hiele untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Balok dan Kubus Siswa Kelas IV SDN Polowijen 2 Kota Malang. Penelitian ini diawali dengan pemberian tes awal. Tes awal diikuti oleh semua siswa dengan nilai rata-rata kelas 53.8. Dari 20 siswa sejumlah 10 siswa mendapatkan nilai diatas rata-rata kelas. Hal ini menunjukkan bahwa perlu diadakan perbaikan atau revisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan teori belajar Van Hiele dalam meningkatkan pemahaman konsep balok dan kubus pada siswa kelas IV di SDN Polowijen 2 kota Malang (2) Apakah dengan menggunakan teori belajar Van Hiele dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep balok dan kubus pada siswa kelas IV SDN Polowijen 2 Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan teori belajar Van Hiele dalam meningkatkan pemahaman konsep balok dan kubus pada siswa kelas IV SDN Polowijen 2 Kota Malang (2) Mendeskripsikan teori belajar Van Hiele yang dapat meningkatkan pemahaman konsep balok dan kubus pada siswa kelas IV SDN Polowijen 2 Kota Malang. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahapan perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Polowijen 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi soal-soal evaluasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1) Hasil observasi penerapan teori belajar Van Hiele siklus I adalah 83.7% dengan kategori baik dan hasil observasi penerapan teori belajar Van Hiele siklus II adalah 95.2% sehingga teori belajar Van Hiele dapat diterapkan dengan sangat baik (2) Hasil observasi aktivitas siswa dalam penerapan teori belajar Van Hiele siklus I adalah 81.3% dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa dalam penerapan teori belajar Van Hiele siklus II adalah 84.4% sehingga aktivitas siswa dalam penerapan teori belajar Van Hiele dikategorikan baik (3) Rata-rata hasil belajar siswa pra tindakan adalah 53.8 siklus I sebesar 75 dengan kategori baik dan siklus II sebesar 76 dengan kategori baik sehingga terjadi peningkatan rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75 53.8 21.2 dan pada siklus II sebesar 76 53.8 22.2. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan teori belajar Van Hiele pemahaman konsep balok dan kubus siswa kelas IV SDN Polowijen 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102554

Actions (login required)

View Item View Item