Implementasi teori Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun datar di kelas V SDN Kemiri Pasuruan / Basori - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi teori Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun datar di kelas V SDN Kemiri Pasuruan / Basori

Basori (2009) Implementasi teori Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun datar di kelas V SDN Kemiri Pasuruan / Basori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Basori. 2009 Implementasi teori Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun datar di kelas V SDN Kemiri Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Harmini M.Pd dan (2) Drs.H.M. Imron Rosyadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci teori Van Hiele hasil belajar bangun datar Implementasi teori Van Hiele dalam pembelajaran bangun datar sangat memungkinkan untuk meningkatkan aktivitas kreatifitas dan hasil belajar siswa. Kesan dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan implementasi teori Van Hiele sangat positif sedangkan kesan dan tanggapan guru mitra terhadap pembelajaran bangun datar lebih menarik sesuai dengan tahapan berfikir siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat keberhasilan implementasi teori Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun datar di kelas V SDN Kemiri Pasuruan. Penelitian ini dilakukan di SDN Kemiri Kecamatan Puspo Pasuruan sejak tanggal 20 Pebruari sampai 25 April 2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas tipe Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek yang diberikan tindakan adalah seluruh siswa kelas V SDN Kemiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi teori Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun datar. Hasil Pre-tes siswa yang mendapat nilai baik sebanyak 1 orang (2 63 %) dengan kategori tinggi. Sedangkan banyaknya siswa yang belum tuntas belajar 37 orang dengan kategori sedang 6 orang (15 79 %) rendah 30 orang (78 95 %) dan sangat rendah 1 orang (2 63 %). Hasil tes awal tersebut menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap sifat-sifat bangun datar tersebut masih rendah. Hasil post-tes siswa dengan diimplementasikannya teori Van Hiele pada siklus I mencapai nilai rata-rata 6 74 (meningkat 1 87 % dari pretes). Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 15 orang (42 84 %). Sedangkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 20 orang (57 16 %). Sedangkan pada siklus II hasil post-tes mencapai rata-rata 7 38 atau meningkat 0 64 % dari hasil belajar pada siklus I. Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 6 orang (17 14 %). Sedangkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 29 orang (82 86 %). Pengetahuan guru terhadap tahapan langkah pada teori Van Hiele sangat efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran bangun datar hendaknya guru mengimplementasikan teori Van Hiele. Implementasi teori Van Hiele menuntut guru merancang langkah-langkah pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102553

Actions (login required)

View Item View Item