Kelian, Hasanudin (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa siswa kelas IV SDN Kersikan Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Hasanudin Kelian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA dikarenakan metode mengajar guru yang cenderung mendominasi proses interaksi edukatif. Untuk itu diperlukan sebuah penerapan pembelajaran yang menekankan pada pengembangan interaksi silih asah silih asih dan silih asuh antara sesama siswa sebagai latihan hidup dalam masyarakat . Salah satu alternatif adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan (1). Aktivitas siswa (2). Aktivitas guru dan (3) hasil belajar siswa dengan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaporkan secara kualitatif .Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kersikan Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan dengan jumlah siswa 38 orang. Adapun pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak dua kali putaran dan setiap putaran terdiri dari perencanaan kegiatan dan pengamatan refleksi dan revisi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta tes kemampuan kognitif sebagai hasil belajar tiap putaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil kemampuan afektif siswa dalam KBM sedangkan kemampuan kognitif siswa pada putaran I 68 88 putaran II 71 70. Prosentase pencapaian ketuntasan belajar pada putaran I tuju puluh persen (70%) putaran II tuju puluh tuju koma lima persen (77 5%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Dari hasil penelitian ini disarankan kepada (1). Siswa agar lebih membiasakan diri dalam pembelajaran kooperati dengan materi/bahan pelajaran di sekolah. (2). Bagi guru penggunakan pembelajaran kooperati tipe Think-Pair-Share (TPS) perlu ditingkatkan dalam upaya meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. (3). Bagi kepala sekolah perlu ditingkatkan pemberian bimbingan dan supervisi kepada guru terutama dalam inovasi pendidikan (4). Bagi peneliti dan pengamat yang lebih baik berkaitan dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102552 |
Actions (login required)
View Item |