Pemanfaatan media gambar ilustrasi sebagai alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas I SDN Pisangcandi I Kota Malang / Rita Yulaika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media gambar ilustrasi sebagai alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas I SDN Pisangcandi I Kota Malang / Rita Yulaika

Yulaika, Rita (2009) Pemanfaatan media gambar ilustrasi sebagai alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas I SDN Pisangcandi I Kota Malang / Rita Yulaika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan media gambar ilustrasi sebagai alat peraga guru di depan kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Pisangcandi Malang dalam pembelajaran PKn. Media gambar ilustrasi merupakan media pembelajaran yang sesuai dengan karaktersitik perkembangan psikologis siswa usia 7-12 tahun dimana dalam memahami dan menyerap materi pembelajaran masih sangat membutuhkan bentuk kongkrit untuk memperjelas konsep. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kwalitatif yang dilakukan secara sistematis dan reflektif terhadap berbagai hasil temuan data dalam tindakan. Model penelitian diadaptasi dari model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dalam Sukaryana(2003 30). Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan tiap siklus tindakan terdiri dari empat langkah kegiatan (1)Perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan tindakan (3)Observasi (4)Refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN Pisangcandi Malang. Deskripsi data diperoleh dengan melakukan analisis dan sintesis serta mereduksi hasil temuan data pra tindakan dan hasil tindakan sehingga menjadi paparan data yang dapat dipergunakan untuk menarik kesimpulan hasil penelitian. Deskripsi data hasil penelitian adalah hasil belajar rata-rata kelas siswa pra tindakan 67(dengan tingkat penguasaan materi rata-rata kelas 67%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar rata-rata kelas meningkat menjadi 69 2 (dengan tingkat penguasaan materi rata-rata kelas 69 2%) tetapi masih dibawah nilai standart minimal 70(dengan tingkat penguasaan materi rata-rata kelas 70%). Setelah melakukan refleksi untuk penyempurnaan pelaksanaan tindakan pada siklus II hasil belajar rata-rata kelas yang dicapai siswa dapat meningkat menjadi 75 9 (dengan tingkat penguasaan materi rata-rata kelas 75 9%). Peneliti dan guru sepakat untuk menghentikan tindakan pada siklus II karena hasil belajar rata-rata kelas telah siswa telah melebihi standart minimum rata-rata kelas 70(tingkat penguasaan materi rata-rata kelas minimum 70%) sesuai sasaran yang telah ditetapkan Berdasarkan data hasil penelitian disarankan agar dalam pembelajaran PKn guru menggunakan media gambar ilustrasi sebagai alat peraga untuk meningkatkan daya serap dan pemahaman siswa pada materi pembelajaran sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar. Hasil temuan data dalam penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran penggunaan media gambar ilustrasi sebagai alat peraga dapat menciptakan proses pembelajaran komunikatif sehingga siswa dapat terlibat dan menjadi subyek dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102551

Actions (login required)

View Item View Item