Penerapan investigasi kelompok untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di kelas V SDN Jombok I Kecamatan Ngantang / Isna Dyaning Ratri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan investigasi kelompok untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di kelas V SDN Jombok I Kecamatan Ngantang / Isna Dyaning Ratri

Ratri, Isna Dyaning (2009) Penerapan investigasi kelompok untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di kelas V SDN Jombok I Kecamatan Ngantang / Isna Dyaning Ratri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Investigasi kelompok adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa ke dalam kelompok untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik melalui enam tahap yaitu mengidentifiksi topik dan mengorganisasikan ke dalam masing-masing kelompok merencanakan investigasi dalam kelompok melaksanakan investigasi kelompok mempersiapkan laporan akhir menyiapkan laporan akhir dan evaluasi. Berdasarkan rumusan masalah penelitian tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendiskripsikan penerapan investigasi kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di kelas V SDN Jombok I Kecamatan Ngantang (2) Mendiskripsikan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep volume balok dengan penerapan investigasi kelompok di kelas V SDN Jombok I Kecamatan Ngantang. Penerapan model investigasi kelompok ini terdiri dari dua tindakan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subyek penelitian siswa kelas V SDN Jombok I Kecamatan Ngantang sebanyak 17 siswa. Hasil tes awal siswa menunjukkan pemahaman siswa mencapai 60%. Setelah mendapat tindakan I persentase nilai siswa menjadi 72 6% dan pada tindakan II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 87%. Hasil tes evaluasi tindakan I dan II rata-ratanya mencapai 79 8%. Jika dibandingkan dengan tes awal penelitian dimana tingkat pemahaman subyek penelitian mencapai 60% maka dengan penerapan investigasi kelompok menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep volume balok subyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) Guru dapat menggunakan model investigasi kelompok sebagai salah satu model pembelajaran matematika (2) Siswa disarankan untuk menerapkan investigasi kelompok untuk memahami suatu konsep volume balok pada saat proses pembelajaran maupun pada saat jam istirahat tanpa arahan atau bimbingan dari guru agar konsep volume balok yang telah diperoleh semakin terasah otaknya dan bermakna serta bertahan lama dalam ingatan (3) Penelitian Tindakan Kelas ini perlu dikembangkan lebih lanjut melalui tindakan serupa dengan media yang berbeda di karenakan model investigasi kelompok dengan media yang digunakan terbukti telah dapat meningkatkan pemahaman konsep volume balok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102550

Actions (login required)

View Item View Item