Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pengukuran waktu di SDN Klumpit 01 Soko Tuban / Nita Retno Wahyuningati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pengukuran waktu di SDN Klumpit 01 Soko Tuban / Nita Retno Wahyuningati

Wahyuningati, Nita Retno (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pengukuran waktu di SDN Klumpit 01 Soko Tuban / Nita Retno Wahyuningati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan nyata sehingga siswa mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian adalah untuk 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pengukuran waktu siswa di SDN Klumpit 01 Soko Tuban sebelum diterapkan pembelajaran kontekstual 2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa tentang materi pengukuran waktu dalam pembelajaran matematika setelah diterapkan pembelajaran kontekstual di SDN Klumpit 01 Soko Tuban 3)Untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep pengukuran waktu siswa kelas IV di SDN Klumpit 01 Soko Tuban setelah diterapkan pembelajaran kontekstual. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu 1) rencana 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Hasil penelitian pra tindakan 10 siswa (58 82%) tuntas sedangkan 7 siswa (41 18%) belum tuntas. Nilai rata-rata kelas menunjukkan 63 58 nilai tertinggi 95 nilai terendah 43 belum tuntas. Pada siklus I Rata-rata hasil belajar siswa adalah 64 41 terdapat 5 siswa (29 41%) belum tuntas dan 12 siswa (70 59%) sudah tuntas sesuai dengan KKM yang ditetapkan (60%). Siklus II untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada siklus I dan sebagai penguatan terhadap hasil yang dicapai pada siklus I. Rata-rata hasil belajar siswa 76 47 semua siswa tuntas nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Sebelum tindakan nilai rata-rata siswa adalah 63 58. Diketahui 10 siswa yaitu (58 82%) yang memiliki nilai ketuntasan individual tetapi belum memiliki ketuntasan kelas. Sedangkan 7 siswa yaitu AFM SA M M.S M.KA UNH DAN WEA (41 18%) belum memiliki nilai ketuntasan individual dan ketuntasan kelas yang telah ditetapkan yaitu 60% dan 75%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar mengalami peningkatan yaitu rata-rata siswa menjadi 64 41 Pada siklus I terdapat 5 siswa (29 41%) belum mencapai KKM yaitu AFM AR M M.S WEA dan 12 siswa (70 59%) sudah mencapai ketuntasan individu dan ketuntasan kelas yang ditetapkan 60% dan 75%. Selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa menjadi 76 47. Hal ini berarti 17 siswa (100%) sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Terbukti bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Klumpit 01 Soko Tuban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102549

Actions (login required)

View Item View Item