Meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan cacah dengan menggunakan media sedotan pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN Sumber Agung 2 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Rita Kurnia Jeuyanan - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan cacah dengan menggunakan media sedotan pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN Sumber Agung 2 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Rita Kurnia Jeuyanan

Jeuyanan, Rita Kurnia (2009) Meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan cacah dengan menggunakan media sedotan pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN Sumber Agung 2 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Rita Kurnia Jeuyanan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jeuyanan K.R 2009. Meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan cacah dengan menggunakan media sedotan di kelas II SDN Sumber Agung II kecamatan Grati Pasuruan. Tugas akhir S-1 PGSD jurusan kependidikan sekolah dasar dan prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Harmini M.Pd (2) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd Kata kunci Meningkatkan kemampuan menjumlakan bilangan cacah dengan menggunakan media sedotan. Untuk mencapai tujuan pendidikan dasar maka disusunlah kurikulam untuk SD. Kurikulum yang dipergunakan oleh SD sekarang ini adalah kurikulum 2006. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masuk ke dalam kurikulum ini mulai dari kelas I sampai kelas VI. Hal ini membuktikan bahwa matematika merupakan pelajaran penting yang wajib diajarkan di sekolah khususnya dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah di kelas II SDN Sumber Agung II kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini termasuk dalam kategori Penelitian Tindakan Kelas. Sedangkan masalah yang menjadi fokus perhatian dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan media sedotan di kelas II SDN Sumber Agung 2 Kecamatan Grati dengan jumlah siswa 48 yang menjadi subyek penelitian sebanyak 3 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes observasi dan wawancara. Adapun untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan digunakan teknik analisis deskritif. Hasil pengamatan dan pembahasan menunjukan bahwa (1) dari siswannya ada kesalahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah dengan teknik menyimpan. Jenis kesalahan antara lain siswa kurang teliti dalam menjumlahkan bilangan yang disimpan (2) dari orang tua ada orang tua yang kurang memberikan perhatian terhadap belajar anaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102547

Actions (login required)

View Item View Item