Susanti, Amelia Indiyah (2009) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui media televisi dan cd pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Mungkung II Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk / Amelia Indiyah Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susanti A. Indiyah. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Video Televisi Pada Siswa Kelas IV SDN Mungkung II Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M. Pd (II) Suminah S.Pd M. Pd. Kata Kunci Video Televisi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Proses pembelajaran yang tepat adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pada hasil belajar siswa. Pada penelitian tindakan yang berjudul Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Video Televisi Pada Siswa Kelas IV SDN Mungkung II Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana penerapan Video Televisi sebagai media dalam kegiatan belajar mengajar pada pelajaran IPS kelas IV di SDN Mungkung II Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk (2) Apakah penggunaan Video Televisi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS SD kelas IV di SDN Mungkung II Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Tujuan penelitian ini adalah (1). Mendeskripsikan penerapan Video Televisi sebagai media dalam kegiatan belajar mengajar pada pelajaran IPS kelas IV di SDN Mungkung II Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. (2) Mendeskripsikan penggunaan Video Televisi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS SD kelas IV di SDN Mungkung II Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan dengan menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumennya adalah angket untuk mengetahui bahwa Video Televisi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan yang digunakan adalah PTK dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas (a) Perencanaan (b) Pelaksanaan (c) Observasi dan (d) Refleksi. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Mungkung II yang proses pembelajarannya menggunakan Video Televsi berbeda hasilnya dengan pembelajaran yang tidak menggunakan Video Televisi. (2). Proses pembelajarannya menggunakan Video Televisi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik. Yaitu dari rerata skor 67 92 dan daya serap klasikal 16% pada pra tindakan dan setelah tindakan menjadi rerata skor 70 dan daya serap klasikal 54% pada siklus I dan rerata skor 87 2 dan daya serap klasikal 88% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan Video Televisi sebagai tepat digunakan media dalam kegiatan belajar mengajar pada pelajaran IPS kelas IV di SDN Mungkung II Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk sehingga dapat menghindari adanya kejenuhan pada siswa (2) Penggunaan Video Televisi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS SD kelas IV di SDN Mungkung II Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Hal tersebut dibuktikan adanya perubahan hasil belajar pada siklus I dan Siklus II. Saran bagi guru hendaknya dalam mengajar menggunakan metode yang tepat dalam mengajar. Salah satunya dengan menggunakan Video Televisi sehingga pembelajaran dikelas tidak jenuh. Bagi orang tua juga harus selektif jangan menjadikan televisi sebagai media utama di rumah. Meski peran televisi tidak bisa di sepelakan namun sebaiknya diseleksi acara apa yang baik untuk anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102546 |
Actions (login required)
View Item |