Matwaan, Maria (2009) Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sumber Agung 2 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan melalui penerapan pendekatan keterampillan proses / Maria Matwaan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu bidang ilmu yang berpengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penerapan pendekatan dan metode yang cocok serta bervariasi dan sesuai dengan materi yang disajikan akan sangat berpengaruh terhadap pemahaman serta hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Sumber Agung 2 (2) mendeskripsikan aktivitas siswa selama penerapan pendekatan keterampilan proses (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan proses. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart melalui dua siklus (siklus I dan siklus II). Fokus penelitian adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Sumber Agung 2 kecamatan Grati Pasuruan. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 38 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh pada saat pre tes (pra tindakan) adalah menunjukan skor rata-rata 54 2. Skor ini meningkat pada siklus I menjadi 72 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa (a) penerapan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Sumber Agung 2 kecamatan Grati kabupaten Pasuruan telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dengan ilmu pengetahuan tidak sekedar menceritakan atau mendengarkan cerita tentang ilmu pengetahuan (b) aktivitas siswa pada pembelajaran IPA meningkat setelah adanya penerapan pendekatan keterampilan proses (c) pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Sumber Agung 2 Grati telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102544 |
Actions (login required)
View Item |