Penggunaan dekak-dekak untuk meningkatkan penguasaan penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN Rampal Celaket I Kecamatan Klojen Kota Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Lailul Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan dekak-dekak untuk meningkatkan penguasaan penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN Rampal Celaket I Kecamatan Klojen Kota Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Lailul Indrawati

Indrawati, Lailul (2009) Penggunaan dekak-dekak untuk meningkatkan penguasaan penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN Rampal Celaket I Kecamatan Klojen Kota Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Lailul Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar sampai saat ini masih berlangsung secara konvensional di mana kegiatan masih terpusat pada guru monoton dan menjenuhkan akibatnya perolehan belajar siswa pada mata pelajaran matematika tersebut masih sangat rendah bila dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Guru masih menggunakan metode lama yaitu metode ceramah metode ini mengakibatkan anak kurang kreatif dan kurang berkreasi dalam pembelajaran. Siswa tidak bisa mengembangkan dasar matematika yang ia miliki siswa hanya meniru yang dikerjakan dan diperintahkan oleh guru. Akibatnya siswa tidak bisa mengaplikasikan ilmu yang dia dapat dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu adanya terobosan baru dalam mendorong arah kualitas pembelajaran matematika di sekolah khususnya Sekolah Dasar. Salah satu faktornya adalah penggunaan media pembelajaran dekak-dekak merupakan alat bantu dalam pembelajaran penjumlahan bilangan cacah. Dengan adanya dekak-dekak ini diharapkan siswa dapat berkreasi ulet kreatif dan kualitas pembelajaran juga berlangsung secara atraktif bermutu serta menyenangkan bagi anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran penjumlahan dengan menggunakan dekak-dekak (2) mendiskripsikan penguasaan konsep penjumlahan bilangan cacah sebelum menggunakan media dekak-dekak (3) mendiskripsikan penguasaan siswa terhadap konsep penjumlahan bilangan cacah sesudah menggunakan media dekak-dekak (4) mendiskripsikan peningkatan penguasaan siswa kelas II SDN Rampal Celaket I kecamatan Klojen kota Malang tentang penjumlahan yang diajarkan dengan menggunakan alat bantu dekak-dekak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang fenomena yang muncul selama proses pembelajaran berlangsung yaitu situasi kelas dan tingkah laku siswa selama proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah PTK mengikuti alur Kurt Lewin dan Stephen Kemmis yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas II-A SDN Rampal Celaket I Malang yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif pada akhir tindakan observasi wawancara. Analisis data terdiri dari 3 komponen kegiatan yang dilakukan secara berurutan yaitu kegiatan reduksi sajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil-hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dekak-dekak dapat meningkatkan penguasaan penjumlahan bilangan cacah pada siswa kelas II-A. Hal ini ditunjukkan pada pelaksanaan pratindakan penguasaan siswa terhadap konsep penjumlahan masih sangat kurang dari 36 siswa 25% yang mampu menguasai penjumlahan bilangan cacahdengan rata-rata 49 72. Pada siklus I penguasaan siswa sudah meningkat dari 25% menjadi 75% sudah mencapai kriteria ketuntasan dan rata-rata 80 28. Siklus II dari 36 siswa semua (100%) sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan rata-rata 87 5. Dengan hasil-hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada guru untuk meningkatkan penggunaan media pembelajaran yaitu dekak-dekak untuk membantu meningkatkan penguasaan konsep penjumlahan bilangan cacah pada kelas II. Guru juga bisa memanfaatkan dekak-dekak untuk mendorong keaktifan dan keuletan siswa didiknya. Untuk Kepala Sekolah lebih memperhatikan sarana dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru-gurunya untuk menunjang kelancaran pembelajaran dikelas. Sedangkan untuk peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini pada bilangan-bilangan yang lebih tinggi (penjumlahan ribuan dan puluhan ribu) sehingga anak didik kita benar-benar mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102539

Actions (login required)

View Item View Item