Peningkatan pemahaman konsep luas persegi dan persegi panjang melalui pembelajaran kontekstual (CTL) pada siswa kelas III SDN Gaprang 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Wiwit Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep luas persegi dan persegi panjang melalui pembelajaran kontekstual (CTL) pada siswa kelas III SDN Gaprang 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Wiwit Rahmawati

Rahmawati, Wiwit (2009) Peningkatan pemahaman konsep luas persegi dan persegi panjang melalui pembelajaran kontekstual (CTL) pada siswa kelas III SDN Gaprang 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Wiwit Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Wiwit. 2008. Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Pembelajaran Kontekstual ( CTL ) Pada Siswa Kelas III SDN Gaprang 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. M Zainudin M.Pd (2) Drs. Imam Hanafi M.M Kata Kunci Luas Persegi dan Persegi Panjang Pembelajaran Kontekstual Proses pembelajaran matematika di SDN Gaprang 03masih menggunakan pendekatan tradisional yaitu guru yang selalu aktif dalam mengajarkan matematika memberikan contoh dan latihan disisi lain siswa hanya mendengarkan mencatat dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Kesempatan diskusi jarang dilakukan dan kurangnya interaksi dan komunikasi antara guru dengan siswa sisw dengan siswa. Kegiatan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar seharusnya memuat secara tegas bagaimana siswa belajar metematika. Belajar merupakan proses mengkontruksi pengetahuan baik alami maupun manusiawi. Proses kontruksi itu dilakukan secara pribadi dan sosial. Proses ini adalah proses yang aktif. Beberapa factor seperti pengalaman pengetahuan yang telah dimiliki kemampuan kognitif dan lingkungan berpengaruh terhadap hsil belajar. Kegiatan pembelajaran yang dalam tahapan pembelajarannya memuat secara tegas bagaimana siswa belajar matematika yaitu pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Konsep Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Pembelajaran Kontekstual ( CTL ) Pada Siswa Kelas III SDN Gaprang 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Gaprang 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara (1) pemberian angket atau kuisioner (2) observasi (3) dokumentasi (4) wawancara (5) tes. Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang diperoleh dan pembahasan dari hasil refleksi serta temuan temuan yang da diperoleh suatu kesimpulan yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan tindakan selanjutnya. Penerapan pembelajaran kontekstual membawa pengaruh positif terhadap kualitas belajar siswa. Penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dan peningkatan hasil belajar siswa. Aktifitas dari siklus I ke siklus II juga meningkat dari 80% menjadi 86% berarti terjadi peningkatan aktifitas siswa 6%. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 67% dan siklus II meningkat menjadi 80% hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 13%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah agar pembelajaran matematika yang kontekstual dapat diimplementasikan dengan baik hendaknya pada awal pembelajaran guru memulai dengan mengkondisikan untuk mengaitkan konsep awal yang dimilikinya dengan konsep yang akan dipelajarinya sehingga konsep konsep baru akan tertanam dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102538

Actions (login required)

View Item View Item