Peningkatan pemahaman budaya nasional melalui pengenalan keragaman pakaian adat pada siswa kelas IV SDN Pukul Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Nafsia Rumbou - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman budaya nasional melalui pengenalan keragaman pakaian adat pada siswa kelas IV SDN Pukul Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Nafsia Rumbou

Rumbou, Nafsia (2010) Peningkatan pemahaman budaya nasional melalui pengenalan keragaman pakaian adat pada siswa kelas IV SDN Pukul Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Nafsia Rumbou. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rumbou Nafsia. 2009. Meningkatkan Pemahaman Budaya Nasional Melalui Pengenalan Pakaian Adat Pada Siswa Kelas IV SDN Pukul Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP) FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Muchtar S. Pd M. Si (II) Dsr.H. Rumidjan M. Pd Kata kunci Budaya Nasional Pakaian Adat SD. Pakaian adat merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia seharusnya para siswa dapat mengenal dan memahami nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Namun belum banyak siswa yang mengenal dan memahaminya. Melalui proses pembelajaran pengenalan dan pemahaman tersebut diupayakan untuk dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan gambar Pakaian Adat Daerah pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk meningkatkan pemahaman siswa menghargai keragaman pakaian adat yang ada di Indonesia pada siswa kelas IV SDN pukul Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif interaktif dengan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan model kalaboratif antara guru kelas IV dan Peneliti dan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah (39 siswa) dan guru kelas IV di SDN Pukul kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Instrumen yang diguanakan adalah obeservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada pra tindakan (tes awal) pemahaman keragaman pakaian adat daerah dengan ketercapaian sebesar 47. 03% termasuk katagori rendah (2) metode pada siklus I yaitu metode diskusi dapat meningkatakan pemahaman siswa dalam menghargai keragaman pakaian adat daerah dengan tingkat ketercapaian sebesar 64.62% termasuk dalam katagori sedang (3) pada siklus II mengalami peningkatan memahami keragaman pakaian adat daerah dengan tingkat ketercapaian sebesar 81. 36% hal ini termasuk katahgori tenggi dan pembelajaran mengalami ketuntasan. Berdasarkan kesempulan disarankan pada guru Sekolah Dasar agar dapat menggunakan media gambar yang berkaitan dengan materi yang diajarkan terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dengan memperhatikan masalah di atas maka peneliti memberikan saran kepada guru agar lebih banyak menggunakan media-media dalam mengajar sehingga siswa tidak bosan dalam menerima pelajaran yang di sajikan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102537

Actions (login required)

View Item View Item