Penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Temayang Kecamatan Kerek Tuban / Melinda Olifia Sahara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Temayang Kecamatan Kerek Tuban / Melinda Olifia Sahara

Sahara, Melinda Olifia (2009) Penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Temayang Kecamatan Kerek Tuban / Melinda Olifia Sahara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SDN Temayang adalah salah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Berdasarkan observasi di kelas V dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas V pada tanggal 13 september 2008 diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran IPA di kelas tersebut. Permasalahan tersebut antara lain (1)Guru mendominasi pembelajaran (2) guru sering bergantung pada buku teks (3) Siswa kurang aktif dalam mencari pengetahuannya sendiri siswa cenderung pasif dan hanya menuggu pemberian materi oleh guru serta siswa terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru (4) Penilaian hasil belajar siswa lebih cenderung pada aspek kognitif. Dari semua permasalahan diatas yang paling utama adalah prestasi belajar IPA siswa yang berada di bawah standar yang ditetapkan KTSP. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk menangani rendahnya prestai belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode inkuiri di SDN Temayang Kecamatan Kerek Tuban Memaparkan peningkatan prestasi belajar IPA dengan menggunakan metode inkuiri dan memaparkan tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran. Metode inkuiri memiliki berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat mengatasi permasalahan yang ditemukan pada SDN Temayang Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban sehingga metode inkuiri digunakan dalam pembelajarn di sekolah ini. Diharapkan dengan pembelajaran yang diterapkan melalui penelitian ini dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Temayang Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan sejak September 2008 sampai dengan Januari 2009. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggrat yang terdiri atas empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Temayang Kecamatan kerek Kabupaten Tuban yang terdiri dari 28 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa telah terjadi peningkatan prestasi belajar sisa terbukti dari rata-rata nilai pretes siswa dalam satu kelas pada awalnya rendah yaitu hanya mencapai 52 5 tetapi nilai postes siswa setelah diterapkan metode inkuiri dalam pembelajaran meningkat menjadi 88 27. Selain dari nilai pretes dan postes siswa peningkatan prestasi siswa juga bisa dilihat dari nilai evalusai yang diberikan oleh guru yaitu pada waktu siklus I pertemuan I nilai siswa hanya mencapai 56 4 dan pada waktu pertemuan ke II rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan tetapi masih tergolong rendah yaitu hanya mencapai 64 2 dan pada saat siklus II pertemuan I rata-rata nilai siswa sudah mulai membaik dengan meningkat menjadi 75 dan pada pertemuan II di siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 80 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SDN Temayang Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Namun demikian nampaknya masih diperlukan upaya-upaya lebih lanjut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah tersebut yaitu dengan cara guru tetap menerapkan metode inkuiri disetiap pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102531

Actions (login required)

View Item View Item