Khoiruddin, Mahrusah Ahmad (2018) Peran perpustakaan sekolah sebagai penunjang aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 20 Malang / Mahrusah Ahmad Khoiruddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Khoiruddin Mahrusah Ahmad. 2015. Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Penunjang Aktivitas Belajar Siswa di SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd (II) Drs. Dwi Sugianto M.Pd. Kata kunci peran perpustakaan sekolah aktivitas belajar Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan. Perpustakaan yang ikut berperan aktif dalam membentuk siswa yang aktif kreatif dan berwawasan tinggi sehingga siswa dapat memiliki bekal di dunia kerja maupun pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah oleh siswa di SMP Negeri 20 Malang dan menganalisis peran perpustakaan sekolah SMP Negeri 20 Malang dalam menunjang aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan instrument lembar observasi pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi dalam pengumpulan data. Wawancara dilakukan pada 9 orang siswa dan 2 orang pengelola perpustakaan. Analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mencakup tujuh aktivitas. Pertama aktivitas visual (visual activities). Aktivitas belajar yang dilakukan membaca buku majalah koran dan informasi/artikel dari internet. Kedua aktivitas lisan (oral activities). Aktivitas belajar yang dilakukan yaitu diskusi dan kerja kelompok. Ketiga aktivitas mendengarkan (listening activities). Aktivitas belajar yang dilakukan yaitu diskusi memperhatikan pembelajaran di perpustakaan. Keempat aktivitas menulis (writing activities). Aktivitas beajar yang dilakukan yaitu merangkum membuat karya sastra dan mencatat. Kelima aktivitas menggambar (drawing activities). Kegiatan yang dilakukan yaitu menggambar peta diagram dan grafik. Keenam aktivitas mental (mental activities). Kegiatan yang dilakukan menghafal mengulas buku memecahkan soal. Ketujuh aktivitas emosional (emotional activities) kegiatan yang dilakukan mengembangkan rasa ingin tahu mengembangkan hubungan sosial melatih berorganisasi tanggung jawab disisplin dan juga toleransi. Peran perpustakaan dalam menunjang aktivitas belajar siswa melalui pemberian layanan terbuka 41 jam seminggu pemberian fasilitas dan program-program pembinaan minat baca siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10253 |
Actions (login required)
View Item |