Wati, Erna (2009) Peningkatan kemampuan membuat kalimat dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas 2 di SDN Jeru I Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Erna Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wati Erna. 2008. Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas 2 di SDN Jeru I Kecamatan Turen Kabupaten Malang Skripsi jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd Kata Kunci Membuat Kalimat Media Pembelajaran Kartu Kata Menurut pengamatan peneliti di lapangan pembelajaran membuat kalimat di kelas rendah di SDN Jeru I Kecamatan Turen Kabupaten Malang masih belum dilaksanakan secara optimal terutama dalam hal penggunaan media yang digunakan. Pembelajaran yang dilakukan hanya terbatas pada menyusun kalimat yang ada di buku teks pelajaran sehingga pembelajaran terasa membosankan bagi siswa yang menyebabkan rendahnya nilai kemampuan membuat kalimat siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran kartu kata. Pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata adalah suatu pembelajaran dengan menggunakan kartu-kartu yang berisi kata-kata pada tiap lembarnya kartu-kartu tersebut berisi kata-kata dalam satu kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan penggunaan media kartu kata (2) kemampuan membuat kalimat dengan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jeru I Kecamatan Turen Kabupaten Malang yang mempunyai siswa 200 siswa dan dilaksanakan pada kelas II yang memiliki siswa sebanyak 34 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Instrumen pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah (1) Achievement Test atau tes prestasi yaitu tes yang digunakan untuk mengukur pencapaian seseorang setelah mempelajari sesuatu (2) Pedoman Observasi yaitu sebuah daftar jenis kegiatan yang mungkin timbul dan akan diamati selama proses belajar mengajar berlangsung dengan menggunakan Category system yaitu sistem pengamatan yang membatasi pada sejumlah variabel. Hasil penelitian di peroleh bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membuat kalimat siswa sebesar 10 65% pada tindakan I (T-1) dan pada tindakan II (T-2) sebesar 15 20%. Hal ini berarti pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membuat kalimat siswa sebesar 25 85% yaitu dari tindakan I (T-1) sampai tindakan II(T-2). Hal ini berarti ada peningkatan prosentase keberhasilan belajar dengan menggunakan media kartu kata sebesar 25 85% yaitu dari tindakan I sampai tindakan 2 atau rata-rata tingkat keberhasilan siswa dalam membuat kalimat menjadi 86 03%. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan pos-test dari 34 subyek penelitian pada pre-test menggunakan metode ceramah dan pada tindakan menggunakan media kartu kata penerapan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membuat kalimat siswa setelah melihat tingkat keberhasilan dari 34 subyek penelitian. Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membuat kalimat dengan menggunakan media kartu kata terbukti dapat meningkatkan kemampuan membuat kalimat siswa di SDN Jeru I Kecamatan Turen. Bagi peneliti selanjutnya (1)Diharapkan dapat lebih melengkapi kekurangan-kekurangan atau menyempurnakannya terutama dalam pemanfaatan dan pembuatan media pembelajaran kartu kata(2) Meneliti tentang peningkatan kemampuan membuat kalimat dengan media yang berbeda agar pembelajaran membuat kalimat bisa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102529 |
Actions (login required)
View Item |